fbpx

MPU: Jangan Bubarkan Ormas Atas Dasar Kebencian

769

SatuAcehNews – Terkait pembubaran FPI, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menasehati agar pemerintah tidak melakukan pembubaran ormas atas dasar kebencian. 

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali yang akrab disapa Lem Faisal, mengatakan pemerintah tentu memiliki pandangan lain dalam membubarkan sebuah organisasi kemasyarakatan.

Lem Faisal mengatakan pembubaran FPI merupakan kewenangan pemerintah. Namun, pembubaran tersebut harus betul-betul sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Jangan sampai pembubaran sebuah organisasi kemasyarakatan hanya karena kebencian. Pembubaran harus sesuai aturan,” kata Wakil Ketua MPU Provinsi Aceh tersebut.

Selain itu, Tgk H Faisal Ali juga mengingatkan pembubaran sebuah organisasi kemasyarakatan jangan sampai melahirkan kebencian di antara sesama umat dan sesama anak bangsa. Sebab, kebencian itu hanya menimbulkan perpecahan.

“Pembubaran yang dilakukan harus betul-betul karena penegakan hukum. Pembubaran tersebut dilakukan karena pelanggaran hukum, bukan karena alasan lainnya,” kata Tgk H Faisal Ali.

FPI Tidak Pernah Melanggar Aturan di Aceh

Lem Faisal menyatakan tidak ada pelanggaran peraturan yang dilakukan organisasi Front Pembela Islam (FPI) di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Wakil Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, Rabu, mengatakan keberadaan FPI di Aceh sama dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) lainnya.

“Keberadaan FPI di Aceh biasa saja, sama dengan ormas lainnya. Tidak ada aksi atau kegiatan mereka melanggar aturan. Selain itu, tidak ada aktivitas FPI yang ditakutkan masyarakat,” kata Tgk H Faisal Ali seperti dilansir dari Antara.

Tgk H Faisal Ali mengatakan FPI merupakan keluarga besar masyarakat Aceh. Kehadirannya tidak berbeda dengan ormas lainnya di Aceh. Masyarakat Aceh penuh ukhuwah, sangat toleran, dan memahami satu dengan yang lain.

Front Pembela Islam (FPI) hari Rabu (30/12/2020) dibubarkan oleh pemerintah dan dilarang melakukan aktifitas di seluruh wilayah NKRI. Bagi banyak kalangan, alasan pembubaran ini sangat aneh dan dianggap mengada-ada dan inkonstitusional.

Dalam pernyataan sikapnya, FPI merasa bahwa pembubaran organisasi mereka adalah upaya pembungkaman atas kritik yang kerap mereka lakukan pada pemerintah. Selain itu, pembubaran dianggap pengalihan isu dan usaha menghalangi pengungkapan kebenaran atas pembunuhan enam laskar pengawal Habib Rizieq Shihab oleh polisi beberapa waktu lalu. (AAA/Antara)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More