Islamic Book Fair 4 Tahun 2020 Resmi Dibuka Secara Virtual

  • Bagikan

SatuAcehNews | Banda Aceh – LDF Al-Mizan kembali mengadakan Islamic Book Fair (IBF) yang ke 4. IBF merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggrakan oleh Lembaga Dakwah Fakultas Al-Mizan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Karena berlangsung selama pandemi covid 19, maka kegiatan rutin tahunan ini digelar secara virtual. Agenda berlangsung selama sepekan, yaitu 06-12 Desember 2020. IBF kali ini dikemas dalam beberapa bentuk kegiatan berupa webinar kemuslimahan nasional, webinar bedah buku nasional, lomba pidato, karya tulis essay, dan rangking 1, Ahad (06/12/2020).

IBF 4 resmi dibuka dihadiri oleh Alumni LDF Al-Mizan, dosen FEB Unsyiah, ketua umum LDF Al-Mizan, serta pemateri nasional yang dihadirkan untuk memberikan materi yaitu Ustadzah Farah Qoonita dari Jakarta. Ustdzah Farah Qoonita merupakan influencer terkenal di media sosial instagram dengan berbagai untaian kata-kata motivasi nya. Ustadzah Farah Qoonita merupakan penulis buku, dan juga telah banyak mengisi seminar di berbagai daerah. Pembukaan acara IBF ini dibuka oleh salah satu alumni LDF AL-Mizan dan merupakan dosen di FEB Unsyiah yaitu Ibu Evi Mutia SE.,M.Si, Ak.

Muhammad Azwar selaku ketua panitia menyatakan, tema IBF-4 2020 adalah ‘Today a Reader Tomorrow a Leader’.

“Dengan tema ini tentunya diharapkan agar meningkatkan semangat dan literasi membaca setiap individu kita untuk bisa menjadi ‘bearer of change for the better future’. Selanjutnya dengan terselenggaranya acara ini diharapkan juga dapat menjadi awal yang baik untuk menumbuhkan niat dan tekad kita dalam membaca, sebagai acuan untuk menjadi pemimpin bijak dengan wawasan yang luas dimasa yang akan datang, demi terwujudnya Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” jelas Azwar.

Rangkaian selanjutnya adalah lomba pidato dan karya tulis essay. Perlombaan kali ini juga diadakan secara online, dengan mengirimkan karya-karya dari peserta kepada panitia.

“Kemudian acara IBF akan ditutup pada hari Sabtu 12 Desember 2020 oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah yaitu Bapak Prof. DR. Nasir Aziz SE.,MBA, yang bersamaan dengan itu akan dilanjutkan acara webinar Bedah Buku Nasional. Ustadz Alfi Alghazi selaku penulis buku “Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah” akan menjadi pembedah buku. Kemudian dilanjutkan dengan pesan-pesan singkat yang Insya Allah akan disampaikan oleh da’i kondang asal Aceh yaitu Ustadz DR. Mizaj Iskandar LC., LLM yang merupakan alumni dari Universitas Al-Azhar Kairo dan Omdurman Islamic University of Sudan,” tutup Azwar. (RED/AFA)

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification