fbpx

CPNS Formasi Guru Tahun 2021 Ditiadakan Akan Dialihkan Ke P3K

610

SatuAcehNews | Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan siaran langsung Konferensi Pers Catatan Kinerja Akhir Tahun 2020 Kementerian PANRB di akun Youtube MENPANRB, Selasa (29/12/2020).

Dalam Konferensi Pers yang di lakukan di kantor MENPANRB tersebut secara virtual, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan telah mengkaji untuk tidak lagi membuka formasi guru pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan tahun-tahun selanjutnya. Nantinya formasi ini akan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa sementara ini KEMENPANRB, BKN dan MENDIKBUD sepakat untuk Guru tidak CPNS lagi tetapi PPPK “Ke depan mungkin kami tidak akan menerima formasi guru dengan status CPNS, akan tetapi akan kita alih menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,” imbuhnya.

Kepala BKN menjelaskan, penyebab formasi Guru tidak diterima lagi sebagai CPNS dalam tahun 2021 dan selanjutnya, “karena kalau CPNS Guru setelah mereka bertugas 4-5 tahun biasanya mereka ingin pindah lokasi. Dan itu menghancurkan sistem distribusi guru secara nasional,” sudah 20 tahun kami berusaha menyelesaikan itu tapi tidak selesai dengan sistem PNS katanya.

“Skema pengalihan guru CPNS jadi PPPK ini ditetapkan karena alasan tenaga pendidik yang kerap minta pemindahan tugas dari satu daerah ke daerah lain. Jadi ke depan ini sistemnya akan dirubah jadi PPPK,” ujar Bima Haria.

Lanjutnya lagi, “jumlah PPPK di negara maju itu sekitar 70-80 persen dibandingkan PNS. PNS-nya hanya 20 persen. Untuk hal-hal yang bersifat pelayanan publik, status kepegawaian para penyelenggaranya adalah PPPK,” terangnya.

Kedepannya di Indonesia PPPK lebih banyak dari CPNS. Selain itu, BKN juga mengatakan, kemungkinan jika perekrutan dokter dan tenaga kesehatan berstatus aparatur sipil negara (ASN) atau PNS ke depannya juga akan dialihkan, menjadi PPPK baik untuk tenaga kesehatan, dokter dan lain-lain, penyuluh, itu seharusnya juga akan PPPK,” tutup Bima. (SDI)

Sumber: Akun Youtube Kementerian PANRB.
Konferensi Pers Capaian Kinerja Akhir Tahun 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More