fbpx

Catatan Akhir Tahun 2020 Kepemimpinan Erli Hasim, Darat, Laut, Udara, Telah Menunjukkan Hasil

747

SatuAcehNews | Simeulue – Pelan tapi pasti, kerja keras Bupati Simeulue Erli Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom, dalam membangun kabupaten kepulauan itu mulai menunjukkan hasil. Hampir semua sektor, mulai dari darat, laut, bahkan udara, di ‘gaspol’ oleh politikus Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Mulai dari gebrakan turun ke sawah secara serentak yang digaungkan dengan slogan ‘Khumasa Sebel Khumaha Heba’ yang kini hasilnya telah dirasakan masyarakat Simeulue. Bahkan, pantauan media ini di lapangan, bupati berperawakan tinggi besar itu, turut serta dalam bercocok tanam di sawah. Ini dibuktikan dengan adanya lahan sawah yang dikelolanya di Desa Sebbe, Kecamatan Simeulue Tengah, Simeulue, yang baru-baru ini telah melakukan panen besar.

Di sektor pembangunan jalan dan jembatan, Erli Hasim juga gencar melakukan terobosan yang oleh pimpinan sebelumnya belum terlaksana namun ditangan Erli Hasim telah tercapai. Contohnya, pembangunan jembatan di Desa Pulau Bengkalak, Kecamatan Teupah Selatan, yang sebelumnya pengerjaan jembatan ini sempat mangkrak sejak 2016 silam dan kembali dibangun setelah mendapat kucuran anggaran dari provinsi melaui dana DOKA sebesar Rp 1.6 Milyar.

Kemudian, pengerjaan jalan ruas provinsi di Desa Blang Sebel, Kecamatan Teupah Selatan, yang telah berpuluh tahun lamanya diimpikan masyarakat sekitar agar jalan itu dibangun kini telah terlaksana.

Untuk menuntaskan jalan itu, Erli Hasim mengucurkan dana sebesar Rp 6.3 Milyar untuk menuntaskan pengaspalan jalan dari Desa Blang Sebel hingga ke Desa Labuhan Bakti.

“Jalan dan jembatan yang kita bangun ini merupakan urat nadi bagi masyarakat. Semoga dengan diaspal ruas jalan ini dan selesainya pembangunan jembatan akan memudahkan masyarakat melakukan aktivitas dari Kota Sinabang ke Ibukota Kecamatan Teupah Selatan,” kata Erli Hasim, Rabu, (30/12/2020).

Tidak hanya di ruas jalan itu Erli Hasim melakukan pembangunan. Akan tetapi di sepuluh kecamatan di Simeulue Bupati biasa di panggil Erhas itu juga melakukan penerobosan dan juga pembangunan.

Misalnya, pembangunan jalan ruas jalan Desa Sambai, Teluk Dalam, jalan ini merupakan jalan pengalihan dari Titi Olor, Desa Luan Balu, ini dilakukan lantaran didaerah itu sering longsor.

Dana yang dikucurkan dalam pembangunan ini sebesar Rp 6.1 Milyar dari APBK Simeulue. Erli Hasim berharap, jalan itu bisa menghidupkan kembali Desa Sambai, sebab terdapat tempat wisata yakni Pulau Pinang.

Lokasi lain yang dibangun Erli Hasim, pengerjaan ruas jalan peningkatan jalan potong simpang kolidor Desa Lugu Sebahak hinggga Desa Muara Aman, jalur ini dibangun dengan dana APBK Simeulue sebesar Rp 4.4 Milyar.

Masih banyak pembangunan jalan serta jembatan serta bendungan irigasi terbesar di Simeulue turut dibangun di kabupaten penghasil Lobster itu. Ini semua berkat kerja keras Erli Hasim, dalam melakukan lobi-lobi tingkat tinggi ke Pemerintah Provinsi maupun pusat agar pembangunan di Simeulue terus berjalan tanpa hambatan.

Di sektor kelautan, Erli Hasim, sepertinya sangat paham kebutuhan di sektor itu. Ini terlihat dari aktifnya melakukan pembenahan. Mulai dari menghadirkan Tol laut yang langsung bisa masuk ke Simeulue dan semakin memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Akan masuknya kapal Feri Aceh Hebat Satu yang melayari penyeberangan dari Simeulue ke daratan Sumatra selama ini terkendala karena kapal yang ada sebelumnya masih tergolong berkapasitas kecil. Hingga pembangunan jembatan untuk menunjang pelayanan masyarakat juga gencar dilakukan oleh Ketua DPD Partai PBB Aceh itu.

Sektor pemberdayaan masyarakat nelayan. Erli Hasim juga sangat mendukungnya. Mulai dari pemberian bantuan alat tangkap bagi nelayan, pemberian bibit ikan, penjagaan laut konservasi turut dilakukan. Hingga pembangunan sektor pariwisata, baik itu pantai maupun gunung, juga turut menjadi perhatian suami dari Ny Suryani itu.

Ini bukan hanya cat langit semata, namun dibuktikan dengan semakin meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke kabupaten kepulauan itu setiap tahunnya.

“Memang, Tol laut, kapal Feri yang baru, serta pembangunan lain di Simeulue ini sebagiannya pemberian Provinsi dan Pusat. Namun, Erli Hasim berperan sangat besar dalam mendapatkan itu. Lobi-lobi politiknya sangat berpengaruh agar banyak dana masuk ke Simeulue ini. Ibarat kata pepatah, ikan tidak akan datang sendiri kerumah kalau kita tidak memancingnya. Begitu juga dana dan bantuan lainnya, kalau tidak ada lobi-lobi hebat didalamnya kita tidak akan bisa mendapatkannya. Disinilah peran Bupati Erli Hasim ditunjukkannya,” kata Basri, salah seorang masyarakat Simeulue yang merasakan manfaat dari kepemimpinan Erli Hasim.

Sedangkan untuk sektor udara. Erli Hasim tidak ketinggalan, di sektor ini memang tidak ada penambahan bandar udara baru (Bandara). Namun, Erli Hasim melakukan pembenahan dengan melakukan pelebaran Bandara agar bisa disinggahi pesawat yang berkapasitas lebih besar.

Terlepas dari itu, memang semua ini belumlah terlalu baik. Sebagai manusia hakekatnya tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik tuhan semata. Masih banyak kekurangan yang harus di perbaiki oleh Erli Hasim. Erli Hasim masih butuh waktu untuk melanjutkannya.

Masyarakat Simeulue berperan besar dalam proses pembangunan serta perbaikan di kabupaten Simeulue untuk lebih baik lagi di masa mendatang. Namun, kepemimpinan Erli Hasim selama tiga tahun ini telah menunjukkan hasil yang sangat besar dan telah disarankan langsung masyarakat Simeulue. (AIH)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More