fbpx

Peranan Organisasi Kampus Tingkatkan Kesadaran Politik

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SatuAcehNewsMelihat begitu penting nya pendidikan politik bagi generasi muda, Forum Kajian dan Penulisan Hukum Universitas Malikussaleh (FKPH Unimal) gelar diskusi yang bertemakan “Peranan Organisasi Kampus tehadap kesadaran politik mahasiswa”, di Mensa Coffe Bukit Indah, Kota Lhokseumawe, Kamis (30/11/2019).

Ketua Forum Kajian dan Penulisan Hukum (FKPH) Unimal mengatakan bahwa diskusi ini sangat penting untuk membentuk karakter mahasiswa yang cinta akan pengetahuan.

“Karena pada dasarnya mahasiswa hukum itu harus menjadi tauladan soal literasi dan diskusi. Kita harus budayakan kegiatan ini untuk mendorong mahasiswa yang kritis dan progresif tentunya,” Jelas Alga Mahate Ara dalam membuka sesi diskusi.

Diskusi peningkatan peran politik mahasiswa ini dipandu langsung oleh sekretaris FKPH Jefri Mulia.

diskusi_organisasi_kampusPemantik dalam diskusi itu, diisi oleh Arwan Syahputra selaku departemen advokasi Bem FH Unimal, dan Kadiv Penulisan FKPH.

Mahasiswa yang akrab disapa Bung Arwan itu menjelaskan, pada dasarnya jika waktu sedikit untuk membaca maka jadikan diskusi solusinya. Jangan sampai mahasiswa malas membaca tapi juga malas berdiskusi.

“Jadi yang sedikit itu bisa kita satu padukan hingga menjadi kesatuan dalam pengetahuan,” ungkapnya.

Ia juga menyinggung, bahwa kesadaran politik itu sangat penting dan dapat ditempuh melalui organisasi kampus.

“Kampus itu kan sebagai miniatur negara, dan anggap fakultas itu daerah yang didalamnya juga terdapat pemerintah, itulah ada Bem atau DPM (Univ dan Fakultas) dan sebagai pemerintahan mahasiswa,” pungkasnya.

Menurut Arwan, banyak persoalan bangsa berkaitan tentang politik. Bahkan sikap apatis masyarakat pun tak bisa dinafikan.

“Jadi solusinya, mahasiswa perlu berorganisasi baik OPM (organisasi pemerintahan mahasiswa ) dan ONPM (Organisasi Non pemerintahan mahasiswa) ikuti dan terus berproses karena di dalamnya kita dapatkan kesadaran termasuk soal politik,” tandas Arwan yang juga mahasiswa tata negara Unimal itu.

Diskusi berlangsung dengan baik dan yang diisi tanya jawab antar mahasiswa. Dalam sesi diskusi tersebut sempat menyinggung soal staf khusus presiden Jokowi.

Diakhir, Ketua Umum FKPH Alga Mahate Ara mengatakan bahwa diskusi seperti ini terus berlanjut dan minimal perminggu sekali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More