fbpx

Tarung Drajat Simeulue Laksanakan Kurata

152

SatuAcehNews – Keluarga Olahraga Tarung Drajat (Kodrat) Kabupaten Simeulue melaksanakam ujian kenaikan tingkat (Kurata) pada 14 orang anggotanya. Ujian dilaksanakan tadi pagi, Senin 16/12/19, di Pantai Busung, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue.

Latihan sekaligus ujian kenaikan Kurata 1 naik menjadi Kurata 2 diikuti sebanyak 12 orang. Dan Kurata 2 naik menjadi Kurata 3 diikuti sebanyak 2 orang anggota.

Pelatih utama Tarung Drajat Simeulue, Mari Afrizal, mengatakan dengan adanya kenaikan Kurata ini dapat menjadi motivasi serta memacu diri. Yakni bagi anggota Tarung Drajat lainnya agar dapat menjadi atlit Tarung Derajat Simeulue yang semakin lebih baik ke depannya.

“Dengan kenaikan Kurata ini, diharapkan semakin memotivasi mereka untuk terus giat berlatih, serta dapat menjadi atlit andalan Simeulue ke depan,” harapnya.

Pada ujian kenaikan sabuk tadi, turut hadir sejumlah staff pelatih Tarung Derajat Simeulue, diantaranya Defrianto Aceh, Jurfannudin, dan Rizki Afandi serta Jufrisal.

Beladiri Tarung Drajat

Tarung Drajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Tarung Drajat dideklarasikan kelahirannya di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional.[1] Keluarga Olahraga Tarung Derajat sekarang memiliki suborganisasi di 22 provinsi di Indonesia. Setelah diperkenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, tetapi Tarung Derajat tidak disertakan pada SEA Games 2013 di Myanmar. (AI)

Ucapan 300

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ucapan 300-2
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More