fbpx

Melli Saputri Mengecam DAG Terkait Tambang Emas Linge

SatuAcehNews – Melli Saputri, aktivis tolak tambang gayo, mengecam statement yang dikeluarkan Dewan Adat Gayo (DAG) atas dukungan dibolehkannya tambang emas di daerah Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Ia mengecam keras pernyataan DAG yang mendukung adanya tambang emas tersebut dengan iming-iming tidak merusak lingkungan.

Menurut Melli, pernyataan dan persetujuan ketua DAG ini sudah merusak hati masyarakat Gayo.

“Jika di katakan kami tidak menginginkan masyarakat Linge tidak sejahtera, itu salah. Karena Pemerintah yang berperan besar di sana, kenapa mereka tidak mencoba memberikan bantuan. Kenapa harus terlalu berharap sekali dengan adanya tambang disana. Jika tidak sejahteranya mereka berarti itu karena Pemerintah tidak melirik kehidupan yang ada di sana” tegasnya.

Menurut aktivis asal Gayo ini juga, kehadiran tambang itu akan berdampak buruk. Seperti penyebab penyakit, merusak lingkungan, dan merusak tanaman kopi. Bahkan tidak menjamin kesejahteraan terhadap masyarakat Gayo. “Sebab jika hasil alam sudah dikuras maka bumi Gayo rusak. Lalu siapa yang akan bertanggung jawab” tutur Melli pada SatuAcehNews di Banda Aceh (18/12/19).

“Saya setuju dengan yang dikatakan oleh bapak Salman Yoga (budayawan asal Takengon-red) bahwa perkataan Ketua Adat Gayo itu adalah nafsu semata” pungkasnya.

“Sekali lagi, kami tetap menolak tegas kehadiran tambang emas di Gayo. Apalagi tidak terjamin jika kuburan nenek moyang tidak tersentuh sedikitpun. Atau mereka tidak tahu mengenai situs sejarah Gayo, atau mungkin mereka buta akan sejarahnya sendiri” tutur mahasiswa Banda Aceh ini.

“Tambang ini adalah nafsu semata. Boleh jadi tambang akan mempekerjakan sebagian dari masyarakat di sana. Tetapi apakah akan seterusnya atau hanya 1-2 tahun saja. Kita harus berpikir kedepannya. Tentu kita tidak mau jadi penonton di rumah sendiri” tutupnya. (AH)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More