fbpx

Simeulue Jadi Pusat Pemantauan Gerhana Matahari Cincin

134

SatuAcehNews – Pada 26 Desember 2019 mendatang, sejumlah wilayah di Indonesia akan dilewati Gerhana Matahari Cincin (GMC). Khusus untuk wilayah Aceh, Kabupaten Simeulue menjadi pusat pemantauan.

Berdasarkan perhitungan, fenomena alam tadi diperkirakan akan terjadi pada pukul 10.08 WIB sampai 13.56 WIB atau berlangsung selama 3 jam 45 menit 52 detik.

Aiyub Kaoy selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Simeulue menyatakan terkait fenomena ini. Pemantauan GMC di Simeulue akan dipusatkan di halaman Mesjid Agung Baiturrahmah, Kecamatan Simeulue Timur, Simeulue. Nantinya kegiatan tadi akan dihadiri oleh Kakankemenag wilayah Provinsi Aceh.

“Nantinya observasi GMC akan dipusatkan di Mesjid Raya Baiturrahmah Sinabang. Untuk jadwalnya dimulai dari pukul 08.00 wib,” kata Aiyub Kaoy, Selasa, 24/12/19.

 

Dikatakan Aiyub Kaoy, untuk memantau gerhana matahari tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan Kantor Kemenag. Salah satunya, menyiapkan 10 teleskop serta 500 kacamata yang dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin melihat fenomena keagungan Allah SWT tadi.

Pihaknya juga menghimbau saat gerhana matahari cincin nantinya agar dapat melakukan shalat sunat kusuf serta memperbanyak istighfar.

“Nantinya saat GMC berlangsung kita anjurkan masyarakat agar dapat melaksanakan shalat gerhana,” tutupnya. (AI)

Ucapan 300

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ucapan 300-2
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More