fbpx

Kapolres Simeulue Hentikan Pembelian BBM Gunakan Jerigen

218

 

SatuAcehNews – Kapolres Simeulue, AKBP Ardanto Nugroho SIK, SH, MH, yang didampingi Kabag Ops AKP Iswahyudi SH, bersama sejumlah personil, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Suka Jaya Simeulue, Kamis (05/12/2019).

Sidak tadi dilakukan untuk mencegah pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan jerigen secara berlebihan, oleh oknum pembeli.

“Kegiatan ini menindak lanjuti laporan dari masyarakat. Diinformasikan di SPBU ini kerap melayani pengisian BBM menggunakan jerigen,” kata Ardanto.

Dalam sidak tadi Ardanto Nugroho menekankan kepada pengelola SPBU untuk tidak melayani pengisian BBM menggunakan jerigen secara berlebihan.

Hal itu dilakukannya untuk mengantisipasi upaya penimbunan bahan bakar. Baik itu bersubsidi maupun non subsidi.

Pada kesempatan itu, Ardanto mengingatkan para pembeli yang menggunakan jerigen supaya didata dan menunjukan kartu nelayan.

“Khusus mobil truk, batas pembelian satu jerigen. Itu pun kalau perjalanan jauh,” katanya.

Pembelian BBM dalam jumlah besar memang kerap terjadi di SPBU-SPBU. Biasanya yang diserbu adalah bahan bakar minyak yang masih bersubsidi, terutama jenis Bio Solar.

Bahan bakar jenis Bio Solar ini nantinya diperjualbelikan kembali kepada alat berat di daerah pelosok yang sedang mengerjakan proyek. Alat berat memang dilarang menggunakan BBM bersubsidi.

Karena disparitas harga yang lumayan jauh antara Bio Solar dengan Pertamina Dex menjadi celah bagi oknum di Simeulue mengambil keuntungan. Solar tersebut akan dijual dengan harga jauh lebih mahal. Pengusaha alat berat pun diuntungkan, karena bisa membeli bahan bakar dengan harga yang lebih murah.

Akibat perilaku curang ini, sering kali masyarakat yang membutuhkan solar kehabisan stok. Persediaan solar menipis karena diborong oleh oknum tersebut. (AI)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More