fbpx

IAIN Lhokseumawe Amati Gerhana Matahari Cincin

190

SatuAcehNews – Sejumlah Mahasiswa IAIN Lhokseumawe dan masayarakat sekitar mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) di halaman depan gedung Lab Center kampus IAIN Lhokseumawe, Kamis (26/12/2019).

Acara dimulai dari jam 09.00 Wib dan dilanjutkan shalat Zuhur berjamaah serta shalat Kusuf. Juga khutbah yang disampaikan langsung oleh Ustadz Sufyan Suri.

Sementara itu Tgk Ismail Ketua Jurusan Astronomi Islam mengatakan bahwa hari ini dijadwalkan bersama untuk melihat GMC di wilayah Lhokseumawe.

“Di wilayah kita terlihat Gerhana Parsial. Dari awal kita sudah mempersiapkan alat-alat di depan halaman Lab Center IAIN Lhokseumawe,” tuturnya.

“Untuk mengamati Gerhana Matahari pihak kami sudah menyediakan alat yang diperlukan seperti 3 teleskop, 1 teodolit dan kaca mata khusus untuk melihat matahari,” lanjutnya.

Harapannya kepada masyarakat, agar setiap kemungkinan terjadi gerhana dapat selalu mengikuti arahan yang sudah dianjurkan agama Islam. Seperti melaksanakan shalat, zikir dan istighfar.

 

Beliau juga menambahkan agar masyarakat dapat memahami dengan baik proses terjadinya gerhana.

“Kita harus tahu betul bagaimana terjadinya gerhana agar terhindar dari pemahaman mitos. Secara teoritis, gerhana itu terjadi dalam satu tahun minimal 2 kali Gerhana Matahari dan 2 kali Gerhana Bulan. Itu wajib, ada secara teori. Tidak ada sirklus khusus. Dalam 100 tahun sekali akan terjadi. Buktinya kemarin Maret 2016 sudah terjadi gerhana matahari total dan Desember 2019 ini kita mengamati lagi namun dengan nama yang berbeda,” pungkasnya. (MLN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More