fbpx

Craft Van Java II, Start Up Your Craft Business

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

 

SatuAcehNews – Sekumpulan anak muda kreatif Bandung yang tergabung dalam komunitas 3R, Ramu Ramo Rame memamerkan karya-karya mereka dalam pameran Craft Van Java II.

Selain pameran, para crafter ini menyelenggarakan workshop dan talkshow bisnis selama dua hari, mulai Sabtu (30/11/2019) hingga Ahad (1/12/2019).

Craft Van JavaCraft Workshop yang diadakan adalah bag charm, rubber stamping, mermaid doll, owl neclace macrame, sabun jelantah, glass lettering, bahkan untuk anak pun ada seperti bathbomb by botanina dan mewarnai robot kayu by woodofwisdom.

Asti Karnaen, ketua penyelenggara, menyampaikan, selama tiga tahun terakhir, perkembangan di dunia craft sangat pesat. Dan awareness thd perkembangan bisnis pun sudah mulai tinggi.

 

“Banyak teman crafter yang dari awal memang sudah berniat membuat bisnis craft sehingga mereka memang membutuhkan skill bisnis yang memadai,” terang Asti.

Mereka mengundang narasumber yang mampu berbagi tentang ilmu bisnis yang sangat mereka butuhkan.

Craft Van Java Pembelian produk craft secara umum tidak mengalami penurunan dikarenakan market mereka adalah para penggemar craft yang tidak terlalu terpengaruh dengan pelemahan ekonomi juga kampanye-kampanye yang menggaungkan produk lokal, produk cinta lingkungan, barang-barang hand made, dan bahkan produk yang memanfaatkan sampah.

Untuk bisa survive dalam bisnis craft, lanjutnya, karya yang dibuat haruslah unik, memiliki ciri khas, pembukuan dan pemasaran yang baik. “Yang paling penting kita memiliki pelanggan yang seakan-akan menjadi komunitas kita karena kita tidak memiliki budget banyak,” lanjutnya.

“Ketika kita mengeluarkan produk baru yang bagus yang mereka suka, mereka akan bicara dari mulut ke mulut, apalagi jika mereka suka, mereka foto kemudian posting di instagram dan facebook. Jadi mengelola pelanggan pun menjadi salah satu kunci,” terang Asti.

Melalui pameran ini mereka berharap agar para crafter semakin serius dan tidak kebingungan lagi mencari ilmu yang dibutuhkan dan semakin banyak inovasi karena semakin sering bertemu, dan para crafter ini dapat menyumbangkan sesuatu yang besar untuk Indonesia.#

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More