Meriam Kuno Sisa Kerajaan Seuneuam Ditemukan di Nagan Raya

0
137
meriam nagan raya
Meriam sisa Kerajaan Seuneuam yang ditemukan di Ujong Raja, Kec. Suka Makmur, Nagan Raya. (Photo: Antara)
2019

SatuAcehNews – Warga Nagan Raya menemukan sebuah meriam kuno yang diduga peninggalan Kerajaan Seuneuam. Meriam tersebut ditemukan di Ujong Raja, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

SatuAcehNews – Warga Ujong Raja Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya menemukan sebuah meriam kuno. Penemuan meriam tersebut disebut warga sebagai bukti peninggalan Kerajaan Aceh yang pernah berdiri di kawasan tersebut.

Menurutnya warga, meriam tersebut adalah sisa kerajaan Seuneuam yang memang dulu pernah berdiri di kawasan ditemukannya meriam kuno tersebut.

Meriam tersebut berukuran panjang sekitar 1,5 meter. Saat ditemukan di daerah pemukiman warga, meriam dalam keadaan berkarat karena tertimbun tanah dan dimakan usia.

Penemuan meriam kuno ini menjadi sebuah pintu masuk bagi pemerintah untuk melakukan penelitian terkait keberadaan Kerajaan Seuneuam sebagai salah satu situs kerajaan kuno Aceh.

Warga juga menyebutkan bahwa meriam tersebut adalah hadiah dari Kekhalifahan Islam di Turki. Hadiah meriam tersebut menjadi bukti sejarah bahwa masyarakat Aceh sudah menjalin hubungan internasional dengan kekhalifahan di Turki.

Guna melestarikan sejarah dan budaya Aceh, dirasa perlu agar tanah di lokasi temuan meriam kuno, dan diduga sebagai bekas kerajaan tersebut harus diamankan dan dilindungi oleh pemerintah daerah sebagai kawasan cagar budaya.

Hal ini diperlukan agar tanah bersejarah ini tidak digarap oleh masyarakat atau diklaim masuk ke dalam areal hak guna usaha (HGU) terutama perusahaan perkebunan yang banyak beroperasi di Nagan Raya.

Lokasi temuan meriam tersebut diduga berada di kawasan bekas Kerajaan Seuneuam, Aceh yang kala itu masa pemerintahannya dipimpin oleh Sultan Malik Al Fakikh, antara tahun 1487-1530.

Pusat pemerintahannya kala itu berada di Ujong Raja yang kini masuk ke kawasan Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya. #

Tinggalkan Balasan