Waspadai Karhutla, BPBD Ingatkan Jangan Bakar Sembarangan

  • Bagikan
Kebakaran hutan dan lahan

SatuAcehNews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, menghimbau masyarakat untuk tidak sembarangan melakukan pembakaran yang berpotensi menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Himbauan tersebut disampaikan Kepala BPBD Aceh Barat, Dr. H. Mukhtaruddin, S.Sos, M.Si mengingat telah terjadi kebakaran lahan di Gampong Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan Senin (11/10/2021) siang. Api yang mulai merambah tersebut dengan sigap dipadamkan oleh Tim BPBD Aceh Barat dibantu elemen masyarakat.

Saling Sapa App

masyarakat Aceh Barat padamkan karhutla

Api yang membesar di lahan gambut pada musim panas sangat sulit dikendalikan. Tentu saja bila tidak cepat dipadamkan dapat menimbulkan bahaya yang jauh lebih besar.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, mari sama-sama kita menjaga lingkungan. Jangan membakar sembarangan karena api sangat susah dikendalikan,” himbau Mukhtaruddin dalam pesan singkatnya.

Karhutla Aceh barat

“Hari ini terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Johan Pahlawan Gampong Suak Raya. Alhamdulillah api juga sudah dipadamkan 100% oleh Tim BPBD Aceh Barat dibantu oleh komponen masyarakat di Aceh Barat,” lanjutnya.

Sehari sebelumnya, Ahad (10/10/2021) juga telah terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Meureubo pada sore hari. Api yang mulai terlihat pada pukul 15.00 WIB dapat dipadamkan menjelang tengah malam pada pukul 22.00 WIB.

 

Kebakaran hutan lahan karhutla

Dalam kesempatan itu, Mukhtaruddin juga mengharapkan masyarakat dapat menjaga lingkungan dengan baik agar tidak terjadi bencana karhutla di Aceh Barat.

“Semoga kita semua dapat menjaga lingkungan dengan baik. Semoga himbauan ini dapat diterima oleh semua masyarakat Aceh Barat. Terimakasih atas kebersamaan dan kewaspadaan kita bersama. Semoga masyarakat Aceh Barat dapat hidup dengan tentram, damai dan aman sejahtera,” harapnya sambil mendoakan kebaikan bagi sesama.

Selamat Nasir Nurdin Ketua PWI Aceh Kantor Hukum Nourman & Rekan
  • Bagikan
Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.