Program PAMSIMAS Tahun 2020 Belum Berjalan Hingga Saat Ini Di Aceh Singkil

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Singkil | Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program andalan nasional yang bertujuan agar masyarakat yang memiliki akses air minum dan sani-tasi yang berkelanjutan.

Saling Sapa App

Namun tujuan mulia pemerintah pusat tersebut tidak berjalan hingga saat ini pada salah satu Pamsimas yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, yakni Pamsimas III yang terletak di Desa Ujung Sialit, Pulau Banyak Barat, Kamis, (30/09/2021).

“Ini program Pamsimas, belum berjalan sampai sekarang,” kata Ketua BPK, Serius Zai saat di konfirmasi awak media.

Mendapat informasi Pamsimas di Desa Ujung Sialit belum berjalan, reporter SatuAcehNews mencoba menelusuri langsung ke Desa Ujung Sialit, Pulau Banyak Barat, pada hari Selasa, 28 September 2021. Berdasarkan pantauan di lapangan ditemukan Pamsimas III masih belum mengalir ke rumah-rumah warga, dan sekolah-sekolah yang ada di Desa Ujung Sialit. Bahkan kondisi Pamsimas III tersebut sudah mulai di tumbuhi tumbuhan liar.

Kemudian, sepengetahuan Serius Zai sebagai Ketua Badan Permusyawarakan Kampung (BPK) mengatakan hingga saat ini belum dilakukan serah terima dari Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) kepada pemerintah desa.

“Setahu saya belum, karena programnya kan belum siap, tidak mungkin bisa ada serah terima,” ungkap Serius.

Selanjutnya secara terpisah, Satuan Pelaksana (Satlak) Pamsimas III, Risman Zega ketika dikonfirmasi mengatakan belum berfungsinya Pamsimas tersebut dikarenakan belum di cairkan anggaran sebesar Rp 35.000.000 dari Dana Desa untuk membangun jaringan ke rumah-rumah masyarakat.

“Bukan tidak berfungsi. Menanti tambahan dana yang 10 persen dari dana desa,” kata Risman.

“Desa memang sudah mangganggarkan tapi masih belum terealisasi. Sudah sering dimintak sama kecik dan BPK bahkan juga sama pak camat ketika ado kunjungan kerja di US supaya tanggung jawab desa yang menutupi sisa kegiatan itu segera direalisasikan,” terang Risman.

Kemudian, Kepala Desa Ujung Sialit, Meidisin Zai saat dimintai informasi tentang Pamsimas III yang ada di Desa Ujung Sialit masih memilih bungkam.

Pamsimas III yang terletak di Desa Ujung Sialit, Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, dibangun secara swakelola dengan total biaya sebesar Rp 350.000.000. Yang mana Rp 245.000.000 dari total biaya tersebut bersumber dari APBN TA 2020. (AHA)

Selamat Nasir Nurdin Ketua PWI Aceh Kantor Hukum Nourman & Rekan
  • Bagikan
Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.