Keterampilan Digital Yang Wajib Dikuasai

  • Bagikan

SatuAcehNews – Banda Aceh | Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL, Kamis (07/10/2021).

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubenur Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Walikota Banda Aceh yaitu, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM, serta Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021, Senin (20/09) Jam 13.20 WIB.

Saling Sapa App

Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL YANG WAJIB DIKUASAI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Nawang Warsi Wulandari, S.Psi., M.Si, Psikolog sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, mengatakan, tren pekerjaan dan usaha di dunia digital antara lain, data analyst yaitu menganalisis data yang nantinya dapat menjadi acuan bagi kemajuan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Lalu ada programmer membuat sebuah program, aplikasi, atau software. Setelah itu video editor yaitu mengumpulkan dan mengolah beberapa materi video yang tersedia menjadi satu video yang siap di publish.

Suhil Alfata sebagai Digital Preneur menambahkan jenis platform digital yang harus dikuasai, seperti marketplace khusus jualan yaitu, tokopedia, bukalapak, dan shopee. Lalu sosial media untuk berkomunikasi, seperti facebook, instagram, youtube, whatsapp, twitter, dan snapchat.

Kemampuan digital merupakan kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan digital untuk pendidikan juga memegang peranan penting, karena belajar lebih efektif dan efisien dan bisa belajar secara gratis. Selain itu penggunaan digital di bidang ekonomi dan perdagang adalah untuk online shop, reseller, drop shipper, dan layanan pesan antar. Dengan kemampuan digital kita mampu mengatasi dampak negatif akibat penggunaan internet, mampu bersaing di segala bidang, tidak menjadi korban hoax atau penipuan digital, dan menciptakan masyarakat yang kritis-kreatif.

Key Opinion Leader oleh Rio “Hijau Daun” sebagai Professional Drummer mengatakan bahwa diperlukan kemampuan digital agar bisa maksimal dalam menggunakan media sosial atau aplikasi lainnya. Dengan menambah kemampuan digital kita juga bisa menambah kemampuan kita yang lainnya yang ada dalam diri kita. (PR/AFA)

Selamat Nasir Nurdin Ketua PWI Aceh Kantor Hukum Nourman & Rekan
  • Bagikan
Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.