Ditengah Pandemi Covid-19, Ini Trik Lanal Simeulue Dalam Program Ketahanan Pangan

  • Bagikan

SatuAcehNews – Ditengah Pandemi virus covid-19 ini. Komandan Lanal Simeulue, beserta seluruh prajurit sukses melaksanakan panen semangka perdana hasil kebun jajaran TNI Angkatan Laut di Kabupaten Simeulue.

Kebun semangka tadi merupakan salah satu program ketahanan pangan mandiri yang di gagas langsung oleh pimpinan TNI AL di Kabupaten paling ujung Sumatra itu.

Komandan Lanal Simeulue Letkol Laut (P) Dian Wahyudi A.W, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., mengatakan. Kebun yang dinamakan Palugada itu tujuannya sebagai langkah antisipasi kelangkaan pangan yang mungkin terjadi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Ini merupakan program ketahanan pangan yang kita gagas. Tujuannya, sebagai salah satu langkah kita untuk mengantisipasi kelangkaan pangan di tengah mewabahnya virus covid-19 ini,” kata Dian Wahyudi, Kamis, (1/10/2020).

Dijelaskan Dian Wahyudi, semua hasil panen tadi akan dibagikan kepada warga Simeulue yang berhak, juga diberikan kepada keluarga besar Lanal Simeulue.

“Diharapkan kedepannya kegiatan ini dapat terus berkesinambungan dan menjadi modal besar dalam mengatasi kelangkaan pangan di masa pandemi Covid-19”, jelas Dian Wahyudi.

Disampaikan Dian Wahyudi. Selain semangka, ada banyak tanaman lain yang ditanam di kebun Palugada itu. Diantaranya, Singkong, Cabe, Timun, Gambas, Pare, Kacang panjang, Bayam, dan Kangkung.

Selain itu, dalam mendukung program ketahanan pangan mandiri di bidang perkebunan Lanal Simeulue juga menanam seledri dan selada dengan media tanam Hidroponik serta yang paling penting menanam tanaman yang bisa dijadikan obat herbal dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Selain berkebun kita juga melakukan ternak unggas, seperti bebek dan ayam yang saat ini jumlahnya mencapai ratusan ekor,” papar Dian Wahyudi. (AI)

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.