GEMA PERKASA INDONESIA Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sembilan puluh satu tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, terjadilah suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari tersebut juga telah menentukan nasib bangsa ini, sehingga Negara ini menjadi Negara yang merdeka seperti saat ini. Sembilan puluh satu tahun yang lalu, pemuda – pemudi dari beberapa daerah di Indonesia berkumpul dalam satu tempat dengan satu tujuan yang sama.

Perkumpulan tersebut dinamakan dengan Kongres Pemuda dan menghasilkan sebuah sumpah yang sangat penting bagi bangsa ini, yaitu sumpah pemuda. Yang berbunyi :

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Sumpah pertama mengikrarkan bahwa seluruh pemuda – pemudi Indonesia bersaksi, bahwa Indonesia adalah tanah air mereka. Sumpah yang kedua menyatakan bahwa kita adalah bangsa Indonesia, dan yang terakhir menyatakan bahwa bahasa kita adalah satu, yaitu bahasa Indonesia.

Sumpah inilah yang menjadi tonggak perjuangan bangsa kita. Dengan lahirnya sumpah ini, semua pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah.

Saudaraku Sebangsa dan Setanah Air,

Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. Mereka sadar, bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. Coba bayangkan, jika mereka tidak bersatu untuk melawan para penjajah, pasti saat ini juga kita masih berada di dalam cengkraman penjajah.

Untuk itulah kita sebagai pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. Saat ini kita tidak perlu lagi mengangkat senjata, tetapi hanya dengan mengisi kemerdekaan yang telah diraih saja. Namun sebenarnya, tugas kita ini pun bisa menjadi sulit karena pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan…!!!
Oleh karena itu, sebagai pemuda yang hidup di jaman ini jangan sampai kita terlena dengan kemerdekaan yang telah tercapai. Justru, kita harus lebih bersemangat lagi untuk membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional dengan cara berprestasi.

Saudaraku Sebangsa dan Setanah Air,

Pentingnnya peran pemuda ini bahkan diakaui sendiri oleh presiden pertama kita, SOEKARNO yang berkata,
“Beri Aku Sepuluh Pemuda, maka Aku akan Mengguncang Dunia..!” Pernyataan tersebut menunjukan betapa besar peran pemuda bagi kehidupan sebuah bangsa.
Oleh karena itu, di momen peringatan hari sumpah pemuda ini, marilah kita kembali menyonsong semangat persatuan yang telah memudar dari diri kita. Mari kita menjaga persatuan ini dan jangan sampai kita tercerai berai karena jika kita tidak bersatu, maka hancurlah bangsa ini.

Jakarta, 26 Oktober 2019

Dituliskan Oleh :
IPUNK SATRIANI
Sekretaris Jenderal
GEMA PERKASA INDONESIA
“Bergerak dan Berjuang untuk Indonesia yang Mandiri, Berdaulat, dan Berkepribadian”

#SumpahPemuda
#GemaPerkasaIndonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More