PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Dugaan Pelanggaran Disiplin ASN Inisial AH, Mantan Camat : Dia Tidak Pernah Masuk Kerja 400-an Hari

IMG 20220917 125857 1 Dugaan Pelanggaran Disiplin ASN Inisial AH, Mantan Camat : Dia Tidak Pernah Masuk Kerja 400-an Hari
(Foto : Ilustrasi)
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Singkil – Dugaan Pelanggaran Aparatur Sipil Negara (ASN) inisial AH di Kabupaten Aceh Singkil memasuki babak baru. Tim pemeriksaan bentukan Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis telah melakukan pemanggilan kepada saksi yang dianggap mengetahui langsung kejadiannya.

Hal itu diketahui Reporter SatuAcehNews langsung dari seorang saksi yakni mantan Camat Pulau Banyak Barat, Hasbi. Beliau mengakui bahwa dirinya telah di panggil oleh Ketua Tim Pemeriksaan, Junaidi untuk dimintai keterangan.

PRUcinta Prudential Syariah

Website Instan

“Sudah (diperiksa), tadi sayakan pergi (dipanggil). Dia (Inisial AH) tidak pernah masuk selama 400-an hari,” kata Hasbi memberikan keterangan saat ditemui di Musholla Mapolres Aceh Singkil pada, Kamis, 15/09/2022.

Hasbi selaku Camat Pulau Banyak Barat pada Tahun 2013 silam atau mantan atasan inisial AH, mengungkapkan bahwa dirinya telah pernah di sidang mengenai hal yang sama (dugaan pelanggaran disiplin ASN inisial AH) tapi tidak pernah ada tindaklanjut walaupun buktinya ada.

Bukti yang dimaksud Hasbi adalah absensi pegawai Kantor Camat Pulau Banyak Barat waktu itu, yang menjelaskan bahwa ASN Inisial AH tersebut tidak pernah hadir.

Kemudian, wartawan meminta kepada Hasbi untuk memperlihatkan absensi itu. Namun mantan camat itu mengatakan bahwa absensi itu berada di Kantor Camat Pulau Banyak Barat.

Lanjut Hasbi menyampaikan pendapat kepada awak media bahwa sebaiknya inisial AH tersebut sebaiknya diberhentikan sementara dari jabatannya sesuai aturan yang ada, agar proses pemeriksaan itu berjalan sebagaimana mestinya.

“Dia (ASN inisial AH) sebelum di sidang, di hapus dulu jabatannya itu atau di non jobkan dia dulu, baru di sidang,” lanjut Hasbi.

Lalu, Hasbi mencontohkan seperti kasus-kasus dugaan pelanggaran disiplin terhadap aparatur negara lainnya yang baru-baru ini terjadi di tanah air, yang mana mereka tim pemeriksaan itu terlebih dahulu memberhentikan yang bersangkutan dari jabatannya.

“Seperti SAM**, di nonjobkan SAM** baru di sidang kode etik,” ujar Hasbi.

Kejadian itu dikatakan Hasbi terjadi pada Tahun 2013 saat dirinya menjabat sebagai Camat Pulau Banyak Barat,

“Pokoknya dari awal, dia (inisial AH) tidak pernah, tahun 2013 itu,” tegasnya.

“Ada juga surat teguran (surat peringatan) pertama, kedua dan ketiga,” ujar Hasbi.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun awak media terkait hiruk-pikuk dugaan pelanggaran disiplin ASN di Kabupaten Aceh Singkil ini, diketahui bahwa saat ini ASN inisial AH aktiv menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil.

Kemudian, pada hari Jum’at, 16 September 2022, Reporter SatuAcehNews mendatangi kantor BKPSDM untuk mencoba meminta klarifikasi Kepada Kepala BKPSDM, Ali Hasmi atas kebenaran informasi yang beredar dan atas dugaan pelanggaran disiplin ASN yang dituduhkan kepada dirinya. Namun sayang awak media belum berhasil bertemu langsung dengan Ali Hasmi dikarenakan beliau lagi berada di luar kantor.

Begitu juga Asisten I Sekdakab Aceh Singkil, Junaidi saat ingin ditemui diruangan, beliau sedang tidak berada di kantor pada saat ingin ditemui wartawan.

Hingga berita ini diterbitkan, awak media akan terus berupaya memperoleh konfirmasi dari Kepala BKPSDM Aceh Singkil, Ali Hasmi selaku terduga yang melakukan pelanggaran disiplin ASN, dan Asisten I, Junaidi selaku Ketua Tim Pemeriksaan. (Red/AHA)

SimpleWordPress