PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang dan Longsor

IMG 20220902 WA0012 BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang dan Longsor
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Aceh Barat – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nagan Raya menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca extrem di sejumlah wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh.

Forecaster BMKG Nagan Raya Almira Apriliyanti mengatakan bahwa saat ini Aceh memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

PRUcinta Prudential Syariah

Website Instan

“Intensitas hujan sedang hingga deras lebih sering terjadi di hampir seluruh wilayah Barat Selatan Aceh lantaran memasuki masa peralihan,” ujarnya kepada media, Jum’at, 2/9/2022.

“Untuk hari ini Tanggal 2 September 2022 pukul 18.00 WIB. Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, dan sekitarnya dan dapat meluas ke Wilayah Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 20.00 WIB,” tambahnya.

BMKG memperkirakan selama tiga hari ke depan hampir seluruh wilayah Barat Selatan Aceh akan diguyur hujan. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk waspada terhadap banjir dan angin kencang serta longsor.

“Kita minta masyarakat untuk waspada terhadap dampak cuaca ekstrim yang mungkin terjadi seperti banjir, angin kencang hingga longsor,” katanya.

Sejumlah daerah yang berpotensi cuaca extrem diantaranya Simeulue, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Selatan, Abdya, Aceh Barat, Aceh Jaya dan sekitarnya.

BMKG juga meminta masyarakat untuk waspada potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai ketinggian 4 meter atau lebih di wilayah perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh dan sekitarnya.

“Himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi hujan sedang hingga lebat apabila akan beraktivitas di luar rumah,” tutupnya. (AHD)

SimpleWordPress