Generator Mati, Kualitas Vaksin Covid-19 Di Puskesmas Pulau Banyak Barat Apakah Terjamin?

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Singkil | Pemerintah Pusat terus berupaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal itu terlihat dari pendistribusian Vaksin Covid-19 ke daerah-daerah, baik itu daerah provinsi mau kabupaten/kota bahkan hingga ke daerah terpencil. Pendistribusian pun dilakukan dengan menjamin mutu dan kualitas agar aman ketika diberikan kepada masyarakat. Salah satu daerah terpencil itu adalah Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil, di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat telah tersedia Vaksin Covid-19.

Kualitas Vaksin Covid-19 di Puskesmas Pulau Banyak Barat apakah terjamin? Hal itu menjadi tanda tanya penting awak media saat berkunjung ke Puskesmas tersebut untuk melakukan tugas jurnalistik, pada Hari Jum’at, 03 September 2021, sekitar pukul 11:30 WIB. Pada saat itu bertepatan dengan terjadinya pemadaman aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) setempat, yang mengakibatkan di Puskesmas Pulau Banyak Barat tidak ada aliran listrik. Pada saat itulah awak media menemukan generator yang tidak berfungsi yang terletak di area belakang Puskesmas, Jum’at, (03/09/2021).

Tanpa aliran listrik, bagaimana rantai dingin (cold chain) sebagai tempat penyimpanan Vaksin Covid-19
bisa menyala, dan berfungsi? Sebab dengan Cold Chain tetap menyala suhu Vaksin Covid-19 akan terjaga sesuai ketentuan sehingga mutu dan kualitas vaksin terjamin hingga sampai kepada masyarakat.

Kemudian juga keberadaan Standby Generator sebagai peralatan pendukung Cold Chain adalah unsur yang sangat penting di dalam program imunisasi, sebagaimana hal itu tertuang di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi.

Kemudian, terkait ditemukannya generator yang tidak berfungsi (mati) di Puskesmas Pulau Banyak Barat, SatuAcehNews.com telah mencoba meminta informasi lebih lanjut kepada Kepala UPTD Puskesmas Pulau Banyak Barat, dr. Zulmahdi. Namun hingga berita ini ditayangkan reporter masih belum menerima tanggapan apapun.

Sebelumnya diketahui pada Hari Jum’at, (03/09), terjadi pemadaman aliran listrik di Kecamatan Pulau Banyak Barat dari PLN setempat kira-kira mulai pukul 09:30 WIB s/d 12:00 WIB. (AHA)

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.