Belasan Tahun Mengajar, Para Pendidik Di Kepulauan Ini Berharap Mendapat Sertifikasi

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Singkil | Para tenaga pendidik yang telah mengajar selama belasan tahun di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pulau Banyak, Aceh Singkil mengungkapkan keluhannya kepada satuacehnews.com dengan harapan agar keluhan tersebut sampai kapada pemerintah, dan memberikan solusi dan perhatian, Rabu, (15/09/2021).

Salah satunya, diungkapkan seorang guru yang telah mengajar selama 12 Tahun di sekolah tersebut, dirinya mengeluhkan biaya hidup yang tinggi di daerah kepulauan sedangkan pendapatan dengan guru di daratan tidak ada perbedaannya alias sama saja.

“Kami sama yang di daratan itu tidak ada bedanya, padahal daerah kami jauh harus melewati lautan selama 4 jam. Disinikan beda biaya belanja dengan di kotakan, disini serba mahal cuma ikan saja yang murah,” kata seorang guru yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan di SMAN 1 Pulau Banyak, Rabu, (15/09).

“Setidaknya ada yang membedakan antara kami disini sama yang didaratan gitu, jangan sama gitu, istilah entah ada tunjangan sedikit untuk biaya kemahalannya. Karena terpencil pun tidak ada,” ungkapnya melanjutkan.

Kemudian, seorang tenaga pendidik lainnya yang enggan diungkap identitasnya mengatakan keluhannya kepada wartawan bahwa dirinya bersama teman-temannya di SMAN 1 Pulau Banyak masih belum mendapatkan sertifikasi guru PNS, dan berharap kepada Pemerintahan Aceh memberikan perhatian agar mereka mendapatkan sertifikasi guru PNS.

“Iya ada gak kami yang belum-belum (sertifikasi) ini macam mana caranya agar sertifikasi,” tutur pendidik yang telah berbakti di dunia pendidikan 15 Tahun itu.

Sebelumnya dirinya juga mengeluhkan kepada awak media untuk di publikasikan mendapat mendapat perhatian dari pemerintah, yakni tingginya biaya hidup di daerah kepulauan, selain itu sebagai tenaga pendidik di daerah kepulauan dirinya bersama teman-teman lainnya di Kecamatan Pulau Banyak sebagai perantau (pendatang) tentu jauh juga dari keluarga. Dengan permasalahan tersebut dirinya berharap ada perhatian dari pemerintah. (AHA)

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.