PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

BUMN Diminta Berkolaboratif Dengan Pemda Untuk Menekan Angka Kemiskinan

IMG 20220806 WA0015 BUMN Diminta Berkolaboratif Dengan Pemda Untuk Menekan Angka Kemiskinan
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Aceh Utara – Para Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya di Aceh Utara diminta berkolaboratif dengan Pemerintah Daerah dalam rangka menekan angka kemiskinan dalam menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini sebagaimana disampaikan Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, saat menjadi pembicara pada Rakor Evaluasi Tanggungjawab Sosial Lingkungan Perusahaan Smister I yang berlangsung di pendopo Bupati Aceh Utara, Jum’at (05/08/2022).

PRUcinta Prudential Syariah

Website Instan

Ini juga sebagai bentuk kerjasama dan kepedulian bersama yang dinilai amat penting untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga ratusan rumah tak layak huni di Aceh Utara segera dapat terbangun.

IMG 20220806 WA0009 BUMN Diminta Berkolaboratif Dengan Pemda Untuk Menekan Angka Kemiskinan
Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, pada Rakor Evaluasi Tanggungjawab Sosial Lingkungan Perusahaan Smister I yang berlangsung di pendopo Bupati Aceh Utara, Jum’at (05/08/2022). (Foto : Ist)

Pada pertemuan tersebut hadir sejumlah Pimpinan BUMN Yang bergerak di Aceh Utara, antara lain PT. PIM, PT PGE, PTPN, Bank Aceh Syariah dan BSI, para Asisten Setdakab, para Kadis terkait, LSM Bitra, tokoh masyarakat dan para Kabag Setdakab Aceh Utara.

Pada rakor yang digelar setahun sekali itu masing masing perusahaan memaparkan hasil penyaluran CSR kapada masyarakat lingkungan perusahaan dimana perusahaan beroperasi.

Dalam Siaran Pers yang diterima SatuAcehNews, diterangkan bahwa setelah hampir tiga jam Rakor dan Evaluasi penyaluran CSR itu berlangsung, terlihat pada pemaparan masing-masing BUMN masih ada perusahaan yang belum menuntaskan bantuan sosial Smister I.

Bahkan, ada yang masih dibawah 50 persen penyaluran dana CSR tersebut. Salah seorong tokoh masyarakat, Mukhtaruddin, mengakui apa yang menjadi temuan Pj Bupati Aceh Utara selama turun ke lapangan memang realita kemiskinan Aceh Utara menjadi PR bersama.

“Saatnya perusahaan ambil bagian dalam membangun atau merehap rumah tak layak huni di sejumlah Kecamatan dalam wilayah Aceh Utara,” ujar Mukhtaruddin yang juga Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara.

Belum lama ini, Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, mengatakan, bahwa pihaknya miris melihat kondisi rakyat Aceh Utara tentang kemiskinan, yakni rumah tak layak huni yang masih bertaburan di pelosok Gampong (desa) dalam Kabupaten Aceh Utara.

Hal ini ia sampaikan saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) yang berlangsung di aula Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (02/08/2022).

P IMG 20220801 WA0019 BUMN Diminta Berkolaboratif Dengan Pemda Untuk Menekan Angka Kemiskinan
Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, meninjau beberapa rumah tak layak huni di Kecamatan Sawang. (Foto : Ist)

Sebagaimana dalam Siaran Pers yang diterima SatuAcehNews, dalam hal ini pihaknya juga akan fokus membangun rumah dhuafa pada tujuh kecamatan yang rata-rata angka kemiskinannya lebih dari 5.000 penduduk.

Seperti halnya Kecamatan Sawang, yang jumlah penduduknya mencapai sekitar 29.000 jiwa, tapi angka kemiskinannya mencapai 10.000 jiwa. “Nah, (angka) ini perlu ditekan,” terang Azwardi. (CSB)

SimpleWordPress