Majelis Adat Gayo: Sekian Lama, Ini Perdana Penyerahan Murid Kepada Tengku dan Guru Kembali Dilakukan

  • Bagikan

SatuAcehNews – Bener Meriah | Majelis Adat Gayo Bener Meriah gelar penyerahan murid kepada Tengku dan Guru, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Majelis Adat Gayo Bener Meriah, di Pesantren Almubarak, Kampung Musara 58, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah Selasa (03/08/2021), sekira Pukul 09.00 Wib

Sejak era tersebut hingga menjajaki ke era modern ini, sekian lama akhirnya ini perdana dilakukan kembali, ketika seorang murid mau belajar mengaji dan Sekolah maka ada prosesi penyerahan secara adat.

Diketahui bahwa dulunya, ketika mau menyerahkan seorang murid kepada guru di sekolah dan kepada Tengku di pengajian, itu merupakan sebuah adat yang pernah berlaku di dataran tinggi Gayo.

“Kegiatan ini merupakan amalan dari moyang datu, karen dulu orang Gayo ketika mau menyerahkan anaknya ke pendidikan maka ada proses penyerahan,” pungkas Tgk. Abdul Kasah selaku Ketua Majelis Adat Gayo Bener Meriah.

Lebih lanjut dirinya mengatakan hal ini didasari dengan pepatah yang mengatakan “Awale Berpemulon Akhere Berpemungen,” yang mengandung makna yang mendalam.

“Berpemulon, artinya bertengku, beserlah berterime, ilmu yang didapatkan oleh anak tersebut suatu hari akan mendapatkan keberkahan karena dituntun oleh akhlak dan adab,” jelas Tgk Abdul Kasah.

Kemudian, “Berpemungen” artinya ketika anak tersebut sudah selesai pada masa pendidikan. Seyogyanya, wali murid juga meminta izin dan memberikan ucapan terima kasih karena telah mengajarkan anaknya.

“Semoga ada tanggapan dari masyarakat Bener Meriah, bahwa Majelis Adat Gayo Bener Meriah, betul – betul masih peduli dengan adat dan istiadat Gayo kemudian akan melestarikan keberlangsungannya”, harapanya.

Saat awak media SatuAcehNews meminta keterangan apakah kegiatan tersebut mematuhi Protokol Kesehatan, Kepala Majelis Adat Gayo Bener Meriah Tgk Abdul Kasah melalui Humas Tgk. Ridwan Anas menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah. (HSY)

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.