MAA Gayo Gelar Sosialisasi Dikampung Cemparam, Ini Harapannya

  • Bagikan

SatuAcehNews – Bener Meriah | Majelis Adat Aceh (MAA) Gayo Kabupaten Bener Meriah lakukan Kunjungan Kerja sekaligus gelar sosialisasi di Kampung Cemparam, Kecamatan Mesidah, Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (31/07/2021), yang bertempat di Kantor Reje.

Dalam Kunjungan kerja tersebut Ketua MAA Tgk. Abdul Kasah menyebutkan “Kali ini, kami datang dalam rangka sosialisasi nilai adat istiadat suku Gayo”.

“Agar tetap terjaga sebagai warisan yang telah diturunkan secara turun temurun,” pungkasnya.

Sambungnya, dan kami sebagai lembaga adat akan terus memastikan keberlanjutan budaya adat dan adat istiadat ini.

Lebih Lanjut Petue Tgk Zuhri menyebutkan, “Warisan nilai adat istiadat Gayo memang menjadi permasalahan serius akhir-akhir ini”.

Misalnya, ada Kampung terkadang kewalahan dalam menjaga nilai-nilai tersebut.

“Spesifikasi, adat dalam pernikahan yang sering sekali mengalami masalah, mulai dari pernikahan antar sesama warga Kampung,” tambahnya.

Yang menjadi ciri khas nilai adat yang tidak diperbolehkan dari dahulu karena mempertimbangkan banyak faktor-faktornya.

Tanggapi permasalahan tersebut, Majelis Adat Aceh Gayo, menyampaikan bahwa problem tersebut terjadi tidak hanya di satu Kampung saja.

“Hampir diseluruh Kampung, oleh karena itu MAA sedang menyusun Regulasi dalam mengatasi berbagai permasalahan adat khususnya berkaitan dengan adat pernikahan,” harapannya.

Dari pantauan awak media SatuAcehNews, acara tersebut berlangsung selama setengah hari, selanjutnya akan menggelar sosialisasi di Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama. (HSY).

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.