PRUcinta Prudential Syariah
PRUcerah Prudential Syariah

Astaghfirullah, Mimbar Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Dicoret Pilox

mimbar mesjid agung meulaboh dicoret odgj
PRUcerah Prudential Syariah

SatuAcehNews | Kota Meulaboh mendadak heboh setelah seorang lelaki nekat mencoret-coret dua mimbar di Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh dengan cat semprot. Peristiwa menggegerkan tersebut terjadi tepat setelah pelaksanaan Shalat Ashar berjamaah, sekitar pukul 17.00 WIB Selasa (19/07/2022).

Pria tersebut menggunakan cat semprot dengan tulisan dan disertai palang bermakna huruf X. Jamaah langsung mengamankan pemuda tersebut dan sempat ditanyai oleh salah seorang aparat TNI AD Kodim 0105/Abar. Memang Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh berseberangan dengan Makodim 0105/Abar, dimana banyak prajurit melaksanakan shalat di mesjid terbesar di Aceh Barat ini.

PRUcinta Prudential Syariah

Website Instan

Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh
Mimbar lama Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh yang dicoret.

Pihak BKM Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Kabupaten Aceh Barat memastikan bahwa tidak ada jamaah yang terprovokasi. Sedangkan pelaku diserahkan ke pihak Polres Aceh Barat.

“Kasus pencoretan mimbar masjid ini sudah kita sampaikan kepada pihak kepolisian, untuk mendapatkan penanganan selanjutnya,” jelas Sekretaris BKM Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Deri Darmawan seperti dikutip dari Antara.

Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh
Pintu tangga mimbar baru Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh yang dicoret pelaku ODGJ.

Beliau mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari jamaah, aksi pencoretan mimbar masjid tersebut diduga dilakukan oleh seorang pria yang diduga sengaja menyemprotkan cat ke bagian pintu masuk mimbar utama di dalam masjid.

“Infonya pelaku penyemprotan cat ini ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), tapi kami belum bisa memastikannya,” lanjut Deri Darmawan.

Identitas Pelaku Pencoretan Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Video dan gambar pelaku beredar cepat di berbagai platform pesan singkat WhatsApp. Salah seorang warga mengenali bahwa pelaku benar warga Aceh Barat berinisial DA alias Dedi Nibong warga Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Menurut salah seorang anggota keluarga, pelaku memang sudah lama stress dan pasien rawat jalan RSU Cut Nyak Dhien. Uniknya, pelaku sangat aktif bersosial media. Akun Facebook-nya masih update status. Status terakhir pada Senin malam Selasa (18/07/2022) pukul 22.49 WIB.

 

dedi arona partai gelora coret mesjid agung meulaboh
Dua hari yang lalu, tepatnya Sabtu malam Ahad (16/07/2022), DA memposting photonya di markas Front Pembela Islam tepat di depan mobil putih dengan plat nopol B 1 FPI.

Pelaku sebelumnya dikenal sebagai aktifis pemuda. Bahkan pernah menjabat sebagai sekretaris partai politik di Aceh Barat. Namun tak lama, DA mengundurkan diri sebagai pengurus dari partai besutan Fahri Hamzah ini.

Saat ini pelaku telah diamankan di Markas Kepolisian Resor Aceh Barat. Sedangkan pihak keluarga mulai mengurusnya dengan memastikan bahwa jiwa pelaku dalam keadaan tidak sehat dengan membawa dokumen yang dikeluarkan dari pihak RSU Cut Nyak Dhien Meulaboh.

SimpleWordPress