Pembekalan Teknis Bagi Konsultan Supervisi Pembangunan Jalan

  • Bagikan
Jalan Kuala Manyeu – Ujong Raja

Penuntasan jalur transportasi sebagai salah satu urat nadi kegiatan masyarakat merupakan salah program utama Pemkab Aceh Barat. Secara bertahap pemkab melengkapi jalan dan jembatan akses ke kecamatan-kecamatan di seantero Aceh Barat. Salah satunya adalah jalan ke arah Kuala Manyeu – Ujong Raja.

Jalan Kuala Manyeu – Ujong Raja ini telah mulai direncanakan dan dikerjakan sejak 2 tahun yang lalu. Tahun 2021 memasuki tahun ke 3,  lintasan Kuala Manyeu – Ujong Raja memasuki tahap pembangunan, dimana proses perencanaannya telah dilakukan 2 tahun lalu.

Saling Sapa App

Sebagai perwujudan salah satu komitmen kerjasama dengan kampus, konsultan merekrut beberapa tenaga sarjana fresh graduate dari Teknik Sipil USK, dan sekaligus bekerjasama dengan dosen-dosen untuk membekali tim konsultan tersebut.

Jalan Kuala Manyeu – Ujong Raja

Pada proyek ini, melibatkan Dr. Alfa Taras Bulba, S.T., M.Sc. Febriyanti Maulina, S.T., M.T.; dan Nina Saskia, S.T., M.Sc. Kehadiran tim dosen melalui Klinik Konstruksi Simakon yang merupakan unit layanan masyarakat konstruksi yang berada di bawah Ikatan Alumni Teknik Sipil (IKATSI) Unsyiah.

Bapak DR. Alfa Taras Bulba, S.T., M.Sc. dan ibu Febriyanti Maulina, S.T., M.T. sebagai dosen management, lebih banyak menyoroti kondisi jalan yang panjangnya mencapai 6 km, dimana jalur transportasi alat berat dan material hanya melalui jalur tersebut. Pada lintasan tersebut juga masih terdapat jembatan yang belum selesai pengerjaannya, sehingga mempengaruhi kinerja rekanan menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu 6 bulan yang diberikan sesuai kontrak kerja.

Pembangunan jalan Kuala Manyeu – Ujong Raja ini juga terkendala dengan kondisi iklim yang akan memasuki musim penghujan pada 2 atau 3 bulan mendatang. Ibu Nina Saskia sebagai ahli hidrologi menekankan pentingnya tersedia drainase sementara pada proses pembangunan jalan, agar kondisi pemdatan badan jalan dapat lebih sempurna karena musuh utama badan jalan adalah air.

Tim dosen pendamping dan pembimbing konsultan hadir sehari penuh pada Minggu 11 Juli 2021 ke lokasi dan kantor konsultan, serta kembali ke Banda Aceh pada malamnya.

Selamat Nasir Nurdin Ketua PWI Aceh Kantor Hukum Nourman & Rekan
  • Bagikan
Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.