fbpx

Shalat Idul Adha di Masjid Agung Meulaboh Berlangsung Khidmat

Wakili Pemkab Aceh Barat, Bupati Ramli MS Serahkan 82 Hewan Kurban

246

SatuAcehNews – Shalat Idul Adha 1441 H di Kota Meulaboh dipusatkan di Masjid Agung Baitul Makmur. Shalat berlangsung khidmat walau diguyur hujan sejak subuh.

Ibadah Shalat Idul Adha tahun ini hanya dilakukan di dalam mesjid. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana jamaah meluber hingga ke pelataran mesjid. Hal ini dikarenakan hujan yang terus mengguyur Aceh Barat sejak beberapa hari belakangan ini.

Bertindak sebagai imam yaitu Imum Masjid Agung Baitul Makmur Tgk. Nasrul, S.Pd. Sedangkan yang bertindak sebagai Khatib yaitu Tgk. Syuaidi, S.PdI, MA dari Dayah Serambi Mekkah.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak jamaah untuk mengambil pelajaran dari ibadah haji dan kurban.

“Idul Adha juga kita kenal sebagai Uro Raya Haji juga Uro Raya Kurban,” sebut Tgk. Syuaidi mengawali khutbahnya.

“Ibadah haji dan kurban adalah dua hal penting yang setiap tahun kita laksanakan pada setiap idul Adha. Hal ini agar kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Siti Hajar. Kepasrahan kepada Allah SWT atas semua ketentuan Nya serta keikhlasan mengorbankan apa yang kita miliki untuk diserahkan kepada Allah SWT,” lanjutnya.

Menyikapi pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung hingga hari ini, Tgk. Syuaidi kembali mengajak jamaah untuk bersama-sama berserah diri kepada Allah SWT.

Ibadah kurban yang dilaksanakan pada musim pandemi saat ini sangat tepat. Banyak masyarakat yang kesulitan akibat ekonomi yang merosot tajam.

“Daging kurban yang kita bagikan kepada saudara kita mudah-mudahan bisa menghibur mereka. Hari ini, saudara kita yang sedang kesusahan bisa menikmati enaknya daging kerbau, sapi, atau kambing,” sebut Tgk. Syuaidi sebelum menutup khutbahnya.

Jamaah Sholat Idul Adha
Jamaah Sholat Id membubarkan diri di tengah rintik hujan yang mengguyur Kota Meulaboh sejak subuh.

Pemkab Aceh Barat Kurban 82 Ekor Sapi dan Kerbau

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada tahun ini melakukan kurban sebanyak 82 ekor sapi dan kerbau.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS, secara simbolik menyerahkan hewan-hewan kurban tersebut kepada panitia pelaksana kurban. Penyerahan secara simbolis tersebut dilaksanakan selepas Shalat Idul Adha di pelataran Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More