Sebanyak 302 Mahasiswa Unimal Ikuti KKN di Aceh Utara

IMG 20220615 WA0025 Sebanyak 302 Mahasiswa Unimal Ikuti KKN di Aceh Utara

 

SatuAcehNews | Aceh Utara – Sebanyak 302 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan kepada Masyarakat (KKN-PPM).

Dalam kegiatan KKN-PPM tahun 2022 kali ini, para mahasiswa itu ditempatkan di dua titik Kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Pirak Timu dan Kecamatan Paya Bakong.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, turut memimpin prosesi pelepasan para mahasiswa tersebut di halaman kantor Bupati Aceh Utara tepatnya di Landing, Kecamatan Lhoksukon, Rabu (15/06/2022).

Turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Unimal Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi, MP, pejabat dari LPPM Unimal, serta para dosen pendamping lapangan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Aceh Utara mengatakan, bahwa dengan kehadiran mahasiswa diharapkan dapat membantu menunjang pembangunan dalam berbagai sektor di Aceh Utara.

“Kegiatan KKN merupakan suatu tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat,” kata Fauzi Yusuf, Wakil Bupati Aceh Utara.

Kegiatan ini, katanya lagi, bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh Universitas kepada mahasiswa. Mahasiswa akan berkecimpung dan berhadapan langsung dengan masyarakat.

Oleh karena itu, hendaknya dapat menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun sesuai dengan karakter masyarakat setempat. Pihaknya berharap, dalam giat KKN-PPM ini hendaknya tidak keluar dari koridor aturan.

Pada intinya, senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas, dan melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan di mana para mahasiswa melaksanakan KKN-PPM.

“Kami juga mengharapkan selama melaksanakan KKN, agar adik-adik dapat menjaga nama baik Universitas Malikussaleh dan nama baik keluarga masing-masing. Kedepankan nilai-nilai religius sesuai norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat,” harapnya.

Sehingga, sambung Wakil Bupati, apa yang dilaksanakan ini bukan hanya mendapatkan sambutan positif, akan tetapi juga memberikan nilai plus dalam upaya pemberdayaan sosial ekonomi yang dapat dirasakan langsung oleh segenap lapisan penduduk di Desa-desa.

Adapun rincian penempatan dan pelaksanaan, sebagaimana disampaikan Wakil Rektor III Unimal Bidang Kemahasiswaan Dr Baidhawi, MP, sebanyak 302 mahasiswa itu ditempatkan di 15 Desa dalam Kecamatan Pirak Timu dan di 15 Desa dalam Kecamatan Paya Bakong.

Mereka ditempatkan di lokasi KKN selama 31 hari, terhitung 15 Juni s/d 15 Juli 2022. Adapun mahasiswa peserta KKN ini berasal dari tujuh fakultas, dengan rincian Fakultas Kedokteran 4 orang, Teknik 121 orang, Hukum 1 orang, Ekonomi dan Bisnis 5 orang, FKIP 167 orang, Pertanian 1 orang, dan FISIP 3 orang.

“Pelaksanaan KKN kali ini kita mengambil tema Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat dan Membudayakan Hidup Bersih Tanpa Stunting,” kata Baidhawi.

Lokasi KKN ini, lanjutnya, merupakan kawasan yang kerap dilanda banjir. Untuk itu pihaknya sangat mengharapkan para peserta KKN untuk memberdayakan segenap potensi dan SDM Desa untuk mitigasi bencana. (CSB)

Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.