Hari Ini, Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

IMG 20220615 190822 Hari Ini, Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Indonesia Maju
Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri RI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15/06/2022. (Foto : @setkabgoid/Twitter)

SatuAcehNews | Jakarta – Presiden Republik Indonesia melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu, 15/06/2022.

“Presiden Jokowi melantik dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri (wamen) pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/06/2022). Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut mendampingi Presiden,” sebagaimana ditulis media sosial Sekretariat Kabinet RI, @setkabgoid/Twitter, Rabu, (15/06).

IMG 20220615 194949 scaled Hari Ini, Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto (kanan) dan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (kiri) saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Rabu, 15/06/2022.
(Foto : @setkabgoid/Twitter)

Untuk diketahui, berikut dua menteri yang dilantik :
1. Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan.
2. Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Adapun tiga nama wakil menteri yang dilantik yaitu:
1. Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.
2. Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.
3. Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.
alasan khusus Presiden memilih Pak Zul Hasan dan Pak Hadi?

BACA JUGA  Ketum SWI : Kami Mengundang Presiden, Ketua MPR RI dan Ketua DPR RI di Acara Deklarasi dan Rakernas SWI

Adapun alasan khusus Presiden Joko Widodo memilih Pak Zul Hasan dan Pak Hadi, dalam keterangan persnya, pria yang akrab dengan sapaan Jokowi itu mengatakan, “Ya kita melihat semuanya, rekam jejak, pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, karena sekarang memang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detail dikerjakan. Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record, rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan. Karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun ke lapangan untuk melihat langsung persoalan yang berkaitan, utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat. Kalau urusan ekspor, saya kira juga menjadi urusan Menteri Perdagangan ya. Tapi yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga,” Kata Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA  Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali, Jokowi Ingatkan Tetap Waspada

“Kemudian untuk Pak Hadi sebagai Menteri ATR/BPN, karena beliau dulu sebagai mantan panglima, menguasai teritori dan kita juga tahu Pak Hadi kalau ke lapangan juga bekerjanya sangat detail. Oleh sebab itu, tadi malam saya sampaikan, urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah, sengketa lahan, harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan. Yang kedua, urusan sertifikat harus sebanyak-banyaknya juga bisa diselesaikan dan saya meyakini Pak Hadi memiliki kemampuan untuk itu,” lanjutnya.

IMG 20220615 195007 Hari Ini, Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Indonesia Maju
(Foto : @setkabgoid/Twitter)

Sementara itu Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung mengatakan bahwa perombakan atau reshuffle kabinet oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini telah melalui pertimbangan matang.

BACA JUGA  Fikram Dinata, SE Minta Pemerintah Pusat Pilih Indra Iskandar Sebagai PJ Geubenur Aceh

“Reshuffle ini dilakukan bukan hal yang tiba-tiba. Dengan pemikiran yang sudah cukup matang dan diskusi yang panjang, Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri,” ujar Seskab, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, dilansir melalui website resmi Setkab RI setkab.go.id, Rabu (15/06/2022). (RED/AHA)

Saling Sapa App
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.