Temuan Ular Phyton Hebohkan Warga, Kini Sudah Dilepasliarkan ke Habitat Yang Aman

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Utara | Seekor ular Phyton atau Sancha menghebohkan warga Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Hewan melata itupun akhirnya diamankan dan dimasukkan kedalam karung.

Ular yang memiliki panjang sekitar 3,5 meter itu pertama kali dilihat oleh Nurmala saat ia bersama seorang putranya sedang membersihkan kebun yang terletak di desa setempat, Jum’at (11/06) sore. Ia kemudian memberitahukan warga lainnya.

“Saat itu beliau memberitahukan warga bahwa ada seekor ular di kebun miliknya. Karena khawatir, ia meminta untuk memindahkan ular tersebut. Warga pun ramai-ramai ke lokasi untuk melihat langsung hewan melata itu,” ujar Chairul, warga setempat.

Setibanya di lokasi, sambung Chairul, ular tersebut sedang tidur di semak-semak rumput yang lembab. Warga yang berani kemudian langsung mengamankan hewan tak berbisa ini, dan memasukkannya kedalam karung. Justeru, kemunculan Phyton ini menghebohkan warga.

Setelah itu, Chairul melaporkan temuan Phyton kepada pihak Resort 11 KSDA Aceh Utara SKW I Lhokseumawe BKSDA Aceh sebagai bentuk koordinasi dalam upaya penyelamatan dengan cara memindahkan ular tersebut ke tempat yang aman.

Menurut Chairul, setelah dicek ternyata ular Phyton yang satu ini berjenis kelamin jantan dan berat 7 kilogram. “Kondisi ular masih hidup dan sehat tanpa luka apapun, bahkan masih sangat agresif,” tukas Chairul.

Sementara itu Staf Resort 11 KSDA Aceh Utara, Nurdin, menyebutkan, pihaknya telah menerima laporan temuan Phyton di Desa Seuneubok Baro. Ular itupun kemudian dilakukan pelepasan kembali ke tempat lain yang jauh dari pemukiman warga.

Dimana hewan tersebut pada Sabtu (12/06/2021) telah dilepaskan kembali ke habitat yang aman dan cocok karena terdapat sumber air. “Ya, ularnya sudah dilepas kembali ke tempat lain, intinya jauh dari pemukiman namun pada habitat yang cocok bagi dia,” terang Nurdin. (CSB)

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.