Nyaris Terkena Excavator, Ular Sancha Lima Meter Berhasil Diselamatkan

  • Bagikan

SatuAcehNews | Aceh Utara – Seekor ular Sancha (Phytonidae) berhasil diselamatkan warga saat sedang membersihkan lahan di Desa Buket Jrat Manyang, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Agar tidak membahayakan, hewan melata ini dimasukkan ke dalam karung.

Pemilik lahan (kebun), Sayuti Achmad (45) menyebutkan ular yang memiliki panjang lima meter itu awalnya ditemukan saat ia bersama beberapa orang pekerja sedang membersihkan lahan menggunakan satu unit alat berat excavator, Ahad sore (30/05/2021).

“Saat kami membersihkan lahan tiba-tiba terlihat ular sancha ini, lalu dilakukan upaya penyelamatan agar ia tidak terluka menggunakan excavator. Kemudian pekerja mencoba menaklukkannya untuk selanjutnya dimasukkan kedalam karung,” ujar Sayuti.

Ular sancha

Para pekerja, lanjut Sayuti, akhirnya berhasil menyelamatkan hewan melata tersebut yang dimasukkan kedalam karung agar lebih aman dan tidak mengancam nyawa pekerja maupun dirinya. Setelah itu, ia memberitahukan penemuan ular yang satu ini ke pihak Konservasi.

Sementara pihak Konservasi dari Resort 11 KSDA Aceh Utara Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh, pada Senin siang (31/05/2021) tiba di lokasi untuk dilakukan penyelamatan selanjutnya. Saat dicoba dikeluarkan dari dalam karung, ular tersebut justeru agresif dan enggan keluar.

Ular sancha

“Kalau melihat dari bentuk tubuh dan ukurannya, ular jenis Sancha ini berjenis kelamin betina. Jadi, ukurannya itu agak lebih besar ketimbang yang jantan. Ular jenis ini memang terbiasa dengan tempat-tempat yang rawa atau lembab, apalagi lahan gambut,” ujar Nurdin, personel Resort 11 KSDA Aceh Utara didampingi seorang rekannya, Abdullah.

Setelah itu, Tim Resort 11 KSDA membawa karung berisi ular tersebut ke tempat lain yang jauh dari perkampungan untuk dilakukan pelepasan. Setibanya di lokasi, hewan melata itupun dilepaskan kembali ke salah satu tempat yang cocok bagi satwa mengingat terdapat rawa dan air. (CSB)

Idul Fitri 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.