Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho Lantik Panitera Muda Jinayat

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Besar | Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho melantik Syukriati, S.H. sebagai Panitera Muda Jinayat, di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Jantho, yang dihadiri oleh Wakil Ketua, seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai serta tenaga PPNPN Mahkamah Syar’iyah Jantho, Senin (07/06/2021)

Syukriati, S.H., sebelum dilantik sebagai Panitera Muda Jinayat Mahkamah Syar’iyah Jantho, sebelumnya menjabat sebgai Panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Jantho dan juga sebagai Plh. Panitera Muda Jinayat Mahkamah Syar’iyah Jantho menggantikan Drs. Zulkifli yang sudah purna bantu pada bulan Maret yang lalu.

Jabatan Panitera Muda Jinayat hanya terdapat pada Mahkamah Syar’iyah di wilayah Hukum Provinsi Aceh, sedangkan pada Pengadilan Agama diluar wilayah Aceh, hanya terbatas pada Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, dan Panitera Muda Hukum.

Peran Panitera Muda Jinayat sangat sentral dimana bertugas dan bertanggung jawab penuh dalam proses perkara Jinayat. Sebagaimana yang diketahui, Kewenangan Mahkamah Syar’iyah dalam mengadili Perkara Jinayat hanya terdapat di wilayah Aceh sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Siti Salwa, S.H.I., dalam kata sambutannya mengingatkan bahwa pelantikan ini dalam rangka tour of duty, “bentuk penyegaran organisasi dan mengisi kekosongan pejabat yang melaksanakan tugas, kepada Pegawai yang dilantik dan juga seluruh hadirin yang hadir di ruangan tersebut bahwa jabatan dan tugas yang dibebankan kita adalah bentuk amanah yang dipercayakan oleh Allah SWT sehingga selain kita bertanggung jawab kepada Korps dan Masyarakat, kita juga bertanggung jawab langsung kepada Allah SWT,” ucapnya.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho juga menghimbau, “agar kita tetap maksimal dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dan senantiasa mengingat sumpah yang telah kita ucapkan sebagai bentuk muhasabah dan motivasi diri menjadi lebih baik.”

Prosesi Pelantikan yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB berjalan khidmat dengan dengan tetap menjalankan Protokoler Kesehatan. (PR/AFA)

Kontributor : PM

Idul Fitri 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.