Ketua IPMAT Banda Aceh Himbau Calon Kades Di Agara Bersaing Secara Sportif

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Tenggara | Ketua Umum terpilih Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Tenggara (IPMAT) Banda Aceh periode 2021-2023, Irsal Hadi menghimbau agar para peserta Pilkades di Aceh Tenggara dapat bersaing secara sehat, jujur dan menjunjung tinggi sikap sportif, Kamis (24/06/2021).

Untuk itu, ia mengharapkan para calon Kepala Desa bisa menaati peraturan dan menjauhi berbagai bentuk kecurangan termasuk politik uang (money politic) dan kampanye yang mengandung SARA.

“Para kandidat hendaknya bersaing secara sehat, sportif, berjiwa ksatria, dan mematuhi semua peraturan dengan menjauhi praktik politik uang, kecurangan, kekerasan, kampanye hitam serta pernyataan-pernyataan yang mengandung unsur kebencian dan bernuansa SARA serta menjunjung tinggi asas kekeluargaan di dalam desa,” papar Irsal Hadi dalam keterangan tertulisnya Rabu (23/06) malam.

Di sisi lain, tugas menyosialisasikan Pilkades bersih, jujur, dan adil hendaknya tak hanya menjadi milik penyelenggara Pilkades tetapi juga para peserta dengan tim suksesnya.

Para kandidat pun harus turut memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui kampanye positif dan tanpa politik uang (money politic).

“Para kandidat dan tim kampanye hendaknya tidak melakukan politik uang (money politic) yang dapat mengkerdilkan nilai-nilai kejujuran serta berpotensi memecah belah masyarakat, umat, dan bangsa,” pungkasnya

Sementara itu, Irsal Hadi juga mengimbau kepada masyarakat Aceh Tenggara khususnya bagi warga di desa-desa yang bakal melaksanakan Pilkades pada awal bulan Juli nanti supaya dalam menentukan pilihan dan mengutamakan pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan, visioner, amanah, berakhlak mulia, bersih dari korupsi, mampu menjalin kerjasama dengan semua elemen berdedikasi tinggi dalam melayani seluruh warga di desanya dan yang terpenting jangan mudah tergoda dengan politik uang (money politic).

“Bagi Masyarakat Aceh Tenggara terkhusus bagi desa yang melaksanakan Pilkades nanti hendaknya berpartisipasi aktif dan konstruktif dalam proses Pilkades dengan menjadi pemilih yang kritis, cerdas, arif, dan dewasa serta memberikan suara dengan penuh tanggung jawab serta menghindari yang namanya politik uang,” tuturnya

Menghormati pilihan dan menghargai pendapat juga harus diterapkan oleh masyarakat Aceh Tenggara supaya persatuan tetap terjaga di setiap desa.

“Yang menang nantinya agar tidak merayakan kemenangan secara berlebihan dan yang kalah dapat legawa menerima kekalahan,” tutupnya. (ARS)

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification