Diserang Gajah Liar, Asisten Mahout Terluka

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Utara | Salah seorang Asisten Mahout Conservation Response Unit (CRU) Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Rizki (21), menjadi korban serangan oleh seekor gajah liar jantan di Dusun Alue Buloh Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

Korban selama ini bersama Asisten dan Mahout lainnya aktif di CRU yang menangani mitigasi konflik gajah liar dibawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Utara. Namun naas, kali ini ia menjadi korban.

Informasi yang diperoleh SatuAcehNews di lapangan, bahwa pada Selasa (15/06/2021) sekira pukul 08:45 WIB ia berangkat dari CRU menuju lokasi kejadian untuk memindahkan gajah jinak betina. Namun setibanya di lokasi saat korban sedang melepaskan rantai gajah jinak, tiba-tiba datang gajah liar tersebut.

“Saya sedang melepaskan rantai gajah jinak, tiba-tiba datang seekor gajah liar dan menyerang saya. Saya tidak bisa mengelak lagi, langsung diserang dan saya terjatuh. Lalu saya berteriak meminta pertolongan,” ujar Rizki saat ditemui SatuAcehNews di Rumah Sakit Cot Girek.

Usai terjatuh akibat diserang gajah liar, korban berupaya menyelamatkan diri sembari berteriak meminta pertolongan kepada seorang rekannya yang waktu itu sama-sama sedang memindahkan gajah jinak. Dalam keadaan panik, rekan korban pun berteriak meminta gajah liar itu untuk pergi.

Tak lama kemudian, gajah tersebut pergi dan meninggalkan keduanya. Sementara dalam kondisi kritis, Rizki langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat oleh rekannya menggunakan sepeda motor. Setibanya di Rumah Sakit, korban langsung mendapatkan perawatan medis.

Akan tetapi mengingat kondisi luka yang dialami parah, iapun dirujuk ke RS Cut Meutia Buket Rata Lhokseumawe. “Tangan kanannya di bagian lengan terluka akibat terkena gading gajah dan menembus kulit, namun tidak mengenai bagian tulang,” ujar Nurdin, Staf Resort 11 KSDA Aceh Utara SKW I Lhokseumawe BKSDA Aceh.

Sementara itu informasi lain yang diperoleh SatuAcehNews, hingga Selasa sore seekor gajah liar jantan tersebut masih berkeliaran di sekitar kebun warga yang tak jauh dari camp CRU Cot Girek. Petani yang berkebun juga mulai merasa khawatir, takut jadi korban yang sama. (CSB)

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification