Dekranasda Kota Langsa Bina Kelompok Pengrajin Tikar Pandan

  • Bagikan

SatuAcehNews – Langsa | Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Langsa melakukan pembinaan kelompok pengrajin tikar pandan di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Kamis (10/06/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Tim Dekranasda Kota Langsa beserta Unsur Disperindagkop & UKM Kota Langsa dan Tokoh Masyarakat Gampong Cinta Raja dan diikuti oleh para pengrajin tikar anyaman sebanyak tiga kelompok pengrajin yang nantinya akan diikutsertakan pada perlombaan kerajinan tingkat Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa, Ny. Nurhanifah Yatim, A.MK mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meninjau kelompok pengrajin yang akan dibina secara khusus oleh Dekranasda Kota Langsa.

“Hari ini kami turun langsung ke Gampong Cinta Raja untuk meninjau tiga kelompok pengrajin anyaman tikar pandan yang ada disini, dan berdasarkan hasil pantauan kami selama ini bahwa pengrajin di Gampong ini akan kami bina yang untuk selanjutnya akan diikutsertakan pada perlombaan dekranasda tingkat provinsi,” tutur Nuhanifah.

Dalam pembinaan ini ia berharap para pengrajin dapat lebih kompak dan berpartisipasi sehingga dapat menorehkan prestasi di tingkat Provinsi.

“Mudah-mudahan tahun ini kita dapat mengembangkan lagi kegiatan ini dan saya minta jangan terpaku hanya di satu kerajinan saja, namun supaya dapat dikembangkan lagi ke kerajinan-kerajinan lainnya seperti kerajinan tas, sendal, tempat tisue, dompet dan sebagainya. Oleh karena itu, hari ini kami dari Dekranasda Kota Langsa akan membina ibu-ibu sekalian agar dapat mengembangkan kerajinan tangan lainnya sehingga dapat lebih produktif lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Gampong Cinta Raja mengatakan Ia mewakili Masyarakat Gampong Cinta Raja sangat mendukung kegiatan ini.

“Saya sangat mendukung dan bersyukur dengan dipilihnya Gampong Cinta Raja yang secara khusus akan dibina oleh Tim Dekranasda Kota Langsa untuk mewakili Kota Langsa dalam perlombaan Dekranasda tingkat Provinsi, ini merupakan kehormatan bagi kami dan saya berharap kepada ibu- ibu sekalian untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan nanti kelompok pengrajin ini akan kita tetapkan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) penunjukan Gampong Cinta Raja sebagai Gampong Binaan Dekranasda Kota Langsa,” ucapnya.

Ia berharap kepada Tim Dekranasda Kota Langsa untuk dapat memberikan dukungan dengan memfasilitasi masyarakat setempat dengan alat-alat yang mendukung sehingga dapat meningkatkan produksi dan perekonomian pengrajin setempat,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama, Wakil Sekretaris Dekranasda Kota Langsa, Syarifah Syamrah menyampaikan harapannya supaya Para pengrajin dapat lebih kreatif dan produktif dalam mengembangkan hasil kerajinannya.

“Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Gampong Cinta Raja mewakili Kota Langsa dalam perlombaan desa kerajinan di Tingkat Provinsi Aceh. Dari 66 Gampong ada di Kota Langsa, kelompok pengrajin Gampong cinta Raja ini yang terpilih, dan hari ini kami dari Pihak Dekranasda memberikan dana bantuan pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- bagi kelompok pengrajin tikar pandan di Gampong Cinta Raja ini,” jelas Syarifah.

“Oleh karena itu kita patut bersyukur dan mari kita buktikan rasa syukur tersebut dengan mengerjakan kegiatan ini dengan penuh kesungguhan dan lebih produktif lagi, kami beserta Perangkat Gampong akan senantiasa mendukung penuh sehingga apa yang kita cita- citakan bersama dapat tercapai dan Insya Allah dapat menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kota Langsa,” tutup Syarifah. (YRZ)

Idul Fitri 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.