17 Mahasiswa Militan Ikut MAPABA Ke-2 PMII Pidie Jaya-Pidie

  • Bagikan

SatuAcehNews – Pidie | Pengurus Cabang Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Pidie Jaya-Pidie, terus berupaya mencetak para kader yang berintelektual dan bermoral, melalui Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Ke-2 ini, Rabu (16/06/2021)

Kegiatan Mapaba Ke-2 ini seyogyanya digelar di Gedung PMI (Palang Merah Indonesia) Pidie Jaya, Sabtu (14/03) dengan mengangkat tema ‘Menjadikan Mahasiswa sebagai Insan Pergerakan Tahun 2021’.

Ketua Panitia Sukurdi menyampaikan, “Mapaba sebagai jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII ini, bertujuan sebagai pengenalan awal terhadap mahasiswa untuk mengenal PMII.

”Mapaba ini penting bagi mahasiswa yang ingin mengenal dan bergabung dengan PMII. Selain sebagai jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII dan mapaba tahap yang harus dilalui oleh calon kader untuk menjadi anggota PMII dengan predikat Mu’takid, secara khusus,” ujar Sukurdi.

Ia melanjutkan, dengan adanya Mapaba ini, peserta diharapkan dapat selaras dengan tema yang diangkat.

“Harapan saya mengenai mahasiswa banyak hal yang harus dipahami mahasiswa hari ini, saat sudah berani melangkah dan memutuskan sebuah pilihan menjadi mahasiswa maka akan melekat sebuah tanggung jawab akan apa yang disandangnya hari ini, mahasiswa sebagai seorang yang belajar diperguruan tinggi mempunyai nalar kritis, berintelektual, spiritual dan bertindak elegan adalah sifat yang melekat pada mahasiswa, selain itu juga tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sosial,” pungkasnya.

Ketua Umum PMII Cabang Pidie Jaya-Pidie, Syahrul Maulana Mansur menyampaikan, “masa penerimaan anggota baru atau MAPABA Ke-2 ini adalah fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada mahasiswa, dalam rangka rekrutmen mahasiswa untuk menjadi anggota PMII dimana di dalamnya di sampaikan materi kemahasiswaan dan kebangsaan, keislaman dan keaswaja’an”.

“Sejak berdiri nya PMII pada tahun 1960, PMII adalah salah satu organisasi Mahasiswa terbesar di Indonesia maka sudah sepatutnya kita sebagiai penerus agent of change untuk menjaga keutuhan pergerakan mahasisswa indonesia,” ujarnya

Ia berharap, kepada seluruh peserta Mapaba Ke-2 ini agar tetap istiqomah dalam berproses bersama PMII terkhususnya NU tersediri.

“Bersemangatlah dalam berproses di PMII, serta amalkan ilmu-ilmu yang sudah di dapat di PMII Harapan saya semoga calon anggota PMII bisa tetap konsisten dalam berproses tidak hanya tingkatan Mapaba tapi juga sampai ke jenjang selanjutnya dan meciptakan progres-progres yang baik untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya

Mapaba Ke-2 ini diikuti oleh 30 peserta dan yang lulus ada sekitaran 17 kader baru dan kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bendahara Umum Pengurus Cabang PMII Pidie Jaya-Pidie, Khairul Umam, dan dihadiri oleh Khatib PCNU Pidie Jaya Tgk Muhammad Jafar, Ketua Bawaslu Pidie Jaya Fajri M. Kasem, Pengurus BNNK Pidie Jaya Fakriyadi, Ketua DEMA STIS Ummul Ayman Diaur Rifqi, Ketua IPNU Pidie Mustafa S.Pd sebagai pemateri, Mabincab Andi Firdaus, Senior PMII Mujiburahman sebagai pemateri.

Menurut keterangan, pasca kegiatan MAPABA ke-2 ini akan dilanjutkan adanya Kegiatan besar cabang yaitu KONFERCAB Perdana, dan juga Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL). (PR/AFA)

 

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification