fbpx

Akibat Pandemi, 42 Warga Simeulue Batal Haji, Dana Pelunasan Akan Dikembalikan

188

SatuAcehNews – Sebanyak 42 orang calon jamaah haji (CJH) dari Kabupaten Simeulue, dipastikan gagal berangkat ke Arab Saudi guna melaksanakan ibadah haji pada tahun 2020 ini.

Batalnya keberangkatan sejumlah CJH tadi, disebabkan COVID-19 yang saat ini masih mewabah di seluruh dunia termasuk Arab Saudi tempat pelaksanaan ibadah suci bagi ummat Islam itu.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Simeulue Drs. H. Aiyub Kaoy, MA mengatakan. Pembatalan keberangkatan jamaah haji pada tahun 2020 ini disebabkan virus Corona masih mewabah. Sehingga, pemerintah mengambil kebijakan untuk membatalkan keberangkatan seluruh jamaah haji dari Indonesia.

“Pembatalan ini terkait dengan keamanan jamaah haji. Sebab, keamanan jamaah haji ini sangatlah penting,” kata Aiyub Kaoy, Selasa, (09/06/2020).

Dijelaskan, bagi CJH yang batal berangkat tahun 2020 ini, akan kembali diberangkatkan di tahun selanjutnya, sistem ini akan berlaku mundur bagi seluruh jamaah yang telah mendaftar sebagai calon jamaah haji.

Selain itu, dikatakan Aiyub Kaoy, bagi CJH tahun ini yang ingin menarik uang pelunasan haji dapat mengusulkan permohonan melalui kabupaten kota untuk ditindak lanjuti. Namun perlu dijelaskan, uang yang dapat ditarik ini bukan uang keseluruhan, akan tetapi hanya uang pelunasan saja sebesar 20 persen dari uang haji keseluruhan.

“Ingat, hanya uang pelunasan yang dapat ditarik, bukan semuanya. Penarikannya pun ditranfer secara langsung ke rekening CJH tanpa melalui pihak ketiga,” jelas Aiyub Kaoy.(AI)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More