Apa Kabar Tut Wuri Handayani Era Pandemi?

  • Bagikan

SatuAcehNews, Oleh : Pandi Santoso*

Pendidikan diartikan sebagai proses belajar dan menyerap pengetahuan untuk menentukan masa depan. Manfaatnya lebih dari sekadar mendapat ilmu, melainkan juga untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup.

Masa Pandemi Covid-19 membuat pola pendidikan berubah. Semula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka. Tetapi kini, proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet.

Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru lewat media online seperti Whatsapp, Google Meet, Google Form dan jenis lainnya. Namun demikian sistem ini perlu desain dan teknik pembelajaran yang khusus agar dapat diterapkan. Evaluasi kebijakan perlu dilakukan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilaksanakan di sekolah pada semua jenjang pendidikan.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis, diperoleh gambaran bahwa pembelajaran jarak jauh dinilai belum efektif.

Permasalahan di gadget, kouta, sinyal
Metode pembelajaran daring kurang efektif dibandingkan disekolah, ada yang habis absen lanjut tidur lagi, seperti mendengarkan radio rusak, ini sangat kurang efektif tidak seperti disekolah
Disekolah kita langsung dipantau oleh guru, guru itukan di gugu dan ditiru dan ada wacana dari pemerintah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan dilaksanakan secara permanen, sedangkan mau belajar buka google, YouTube lebih pintar dari pada sekolah, guru itu punya rasa sama siswa, mereka mendidik, mengajar, membentuk karakter siswa-siswi Indonesia.

Kita regenerasi akan memegang tongkat Estafet Negeri ini, dimasa yang akan datang, memimpin dengan baik.

Selamat Hari Pendidikan Nasional! (RED/AFA).

Medan, 04 Mei 2021

*Aktivis GMNI Wakil Bidang Politik

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.