Pemuda Barat Selatan Aceh Bersatu Menggalang Kekuatan

  • Bagikan

SatuAcehNews – Banda Aceh | Forum Pemuda Aceh Kreatif (FORPAK) mengadakan kegiatan Diskusi Publik Season 2 dengan tema “Optimalisasi Potensi Barat Selatan Aceh Menuju Indonesia Emas 2045”, Rabu (07/04/2021).

Diskusi virtual melalui akun Instagram @kampusacehofficial tersebut juga mengundang sejumlah perwakilan aktivis dan pemuda Barat Selatan Aceh (Barsela).

Inisiator kegiatan, Sulthan Alfaraby, mengatakan bahwa hadirnya diskusi ini adalah untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Aceh dan stakeholder terkait.

“Hari ini kita harus cepat berpikir, bersatu dan menggalang kekuatan pemuda melalui pemikiran positif. Bahwa, menjelang 100 tahun Indonesia merdeka, mari kita buka mata dan melihat kembali apa yang sudah dibenahi di Barsela? Optimalisasi potensi Barsela kita rasa sangat perlu untuk kemajuan Aceh kedepan,” ujar Sulthan Alfaraby yang juga pemuda asal Aceh Barat.

Diskusi pun berlangsung sangat alot dan salah satu pemuda asal Aceh Selatan, Syarbaini, menanggapi terkait tema diskusi bahwa ada beragam potensi yang dimiliki oleh Barsela sebagai bahan renungan bagi pemerintah.

“Pemerintah harus memberdayakan masyarakat, dengan cara edukasi. Beragam potensi yang kita miliki, mulai dari hasil alam sampai dengan pariwisata. Hal ini penting untuk dibina masyarakat agar mereka bisa mengoptimalkan segala kekayaan di Barsela demi kemajuan Aceh di masa datang,” Syarbaini menyarankan.

Selanjutnya, Koordinator Gerakan Aceh Hebat (GAH) itu juga menyarankan kepada paguyuban daerah agar fokus mendampingi masyarakat dan mensurvey potensi yang dimiliki oleh daerah.

“Paguyuban adalah pilar utama dalam mendampingi masyarakat daerah dan mensurvey potensi yang ada di daerah. Kemudian, perlu dilakukan diskusi dan berembuk untuk satu tujuan bersama agar segala masalah daerah bisa terpecahkan,” tambahnya.

Terakhir, salah satu aktivis mahasiswa, Gus Mariadi asal Universitas Teuku Umar (UTU) juga menyampaikan pandangannya. Bahwa pemuda Barsela harus bangkit dan bersatu untuk membangun Aceh, karena para pemuda hari ini adalah penerus generasi di masa yang akan datang.

“Dengan adanya rasa persaudaraan dan satu tujuan, maka Barsela akan mampu menjadi daerah yang maju kedepannya melalui solusi dari para pemudanya. Peran paguyuban selaku wadah di daerah juga penting untuk menampung aspirasi masyarakat. Pemuda-pemuda harus berpikir untuk Aceh, karena generasi hari ini adalah pengganti generasi yang akan datang,” tutup mahasiswa yang hobi menulis ini. (PR/AFA)

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.