Kreatif, Kelompok Mahasiswa Ini Berhasil Produksi Pupuk Organik Cair Dari Limbah Eceng Gondok

  • Bagikan

SatuAcehNews – Aceh Tengah | Mahasiswa yang tergabung kedalam Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Gajah Putih ini produksi pupuk organik cair dari hasil limbah eceng gondok, Kampung Toweren Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Senin (26/04/2021).

Pemanfaatan Limbah berbasis Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes), sebagai pupuk organik cair berhasil di realisasikan oleh kelompok 3 KKNT ini.

Hasil dari pupuk cair tersebut bisa digunakan untuk semua jenis tanaman, meliputi : cabai, tomat, mentimun, bawang merah dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Hasil wawancara yang dilakukan awak media SatuAcehNews mengenai tujuan dari program tersebut melalui Via WhatsApp.

“Tujuan dari program ini, adalah untuk memanfaatkan limbah eceng gondok dengan efensiensi anggaran tetapi manfaatnya besar,” kata Vevi Diana selaku Bendahara Kelompok 3 KKNT.

Sambungnya, hasil dari program ini khusus untuk masyarakat Toweren saja.

Harapannya, dengan hasil pupuk cair itu semoga masyarakat dapat mempergunakan pupuk cair itu untuk tanaman mereka, dan semoga tidak sampai di situ saja, kalau bisa berkelanjutan.

“Kalau bisa program ini berkelanjutan ke depannya masyarakat bisa mengolahnya secara mandiri,” jelas Vevi Diana.

Dirinya juga menambahkan, bahwa bahan yang diperlukan seperti eceng gondok tersebut sangat mudah ditemukan di pinggiran danau Lut Tawar Aceh Tengah. (HSY).

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification