fbpx

China Lakukan Aksi Kemanusiaan Hadapi Covid-19 ke 83 Negara

Kemungkinan motif politik dan ekonomi dibaliknya

67

SatuAcehNews – Bukan pertama kalinya China menawarkan bantuan kemanusiaan selama krisis kesehatan global. Menurut pejabat Beijing aksi kemanusiaan Covid-19 ini adalah upaya terbesar mereka sejak tahun 1949.

Deputi Menteri Luar Negeri China, Luo Zhaohui, mengatakan bahwa Beijing telah menawarkan bantuan darurat ke 83 negara. Beragam tanggapan dan kritik dilontarkan terkait aksi kemanusiaan China ini. Upaya Beijing ini disebut pengalihan perhatian dari penutupan awal wabah di Wuhan. Menurut beberapa pakar kesehatan, upaya ini dapat menunda tanggapan internasional terhadap apa yang sekarang menjadi pandemi global.

Analis di Institut Urusan Internasional Polandia, Marcin Przychodniak, mengatakan negara-negara yang menerima pasokan, terutama di Eropa Tengah dan Timur, akan menghargai dukungan Beijing. Namun, dikhawatirkan adanya motif politik dan ekonomi di baliknya.

“Ada beberapa kemungkinan yang melekat seperti menggarisbawahi narasi China sebagai ‘pemimpin yang bijak dan sistem politik yang sukses’ yang membantu mengatasi coronavirus,” kata Przychodniak.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE mengeluarkan peringatan adanya kampanye soft power Beijing. Ia mengingatkan Eropa agar menyadari kemungkinan adanya komponen geopolitik termasuk upaya mempengaruhi melalui pemintalan dan politik ‘murah hati’. (WNM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More