fbpx

PDIP Koreksi Perppu Jokowi: Ini Bukan Bencana Perang

TB Hasanuddin Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP

78

SatuAcehNews – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP, TB Hasanuddin, menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) 23/1959 yang diambil Presiden Joko Widodo tidak tepat untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

“Jangan tergesa-gesa bicara kerusuhan atau darurat, karena Perppu ini tidak relevan diberlakukan untuk mengatasi epidemic corona,” kata TB Hasanuddin dalam keterangannya, Kamis (01/04/2020).

Menurutnya, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengarah pada darurat sipil itu terkesan militeristik. Terlebih, dalam Perppu tersebut tidak mengatur secara rinci mengenai bencana pandemik global.

“Perlu kebutuhan untuk menyusun parameter ketat dalam mengklasifikasi keadaan khusus atau berbahaya bagi negara,” lanjutnya.

Substansi dari Perppu 23/1959 murni untuk pemulihan keamanan usai pemberontakan, kerusuhan atau akibat bencana alam yang dikhawatirkan dapat membahayakan hidup negara.

“Bukan untuk wabah atau pandemi. Khawatir bila diberlakukan darurat sipil, aktifitas warga akan terganggu,” kata politisi PDIP ini.

TB Hasanuddin menyarankan agar pemerintah memberlakukan UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan UU No 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit. (WNM)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ucapan 300-2
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More