fbpx

74 Napi Lapas Kelas II B Idi Dibebaskan

125

SatuAcehNews – Dalam rangka pencegahan Covid-19, sebanyak 74 orang warga binaan Lapas Kelas II B Idi dibebaskan atau dirumahkan secara bertahap sejak Jumat (03/04/2020) kemarin.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Idi, Eka Priyatna, kepada SatuAcehNews menjelaskan, pembebasan napi tersebut berdasarkan arahan dari pusat. Tertera dalam Permenkumham No 10 tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan Penanggulangan Penyebaran Virus Corona.

“Jadi pembebasan atau asimilasi ini berdasarkan Permenkumham No 10 tahun 2020 tentang pencegahan penanggulangan penyebaran virus corona atau Covid-19,” ujar Eka.

Selanjutnya ia menambahkan, pembebasan ini dilakukan sesuai dengan persyaratan dan prosedur tertentu.

“Pembebasan narapidana ini dilakukan sesuai dengan persyaratan integrasi. Warga binaan yang mengikuti program asimilasi telah menjalani 1/2 dari masa pidananya. Dan 2/3 dari masa pidananya jatuh sebelum tanggal 31 Desember 2020. Segala kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun,” ungkapnya.

Tidak adanya kecurangan dalam prosesur. Eka berharap semua dilakukan dalam pengawasan.

“Namun, terkait mekanisme dalam pengawasan asimilasi yang berada di lingkungan Balai Pemasyarakatan (Bapas) setempat ini hendaknya agar 74 narapidana tersebut bisa mengikuti asimilasi sesuai aturan main,” tutupnya.

Citizen Journalism
Wira

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More