Hindari Pemadaman, PLTU Lakukan Perawatan Sebelum Ramadhan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SatuAcehNews – PLN berkomitmen untuk tidak melakukan pemadaman di bulan suci Ramadhan tahun ini. Karenanya, Manajemen Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, memastikan tak ada pemeliharaan mesin pembangkit pada saat berlangsungnya ibadah puasa pada tahun ini.

Pemadaman listrik di bulan Ramadhan memang menjadi kondisi yang tidak mengenakkan bagi masyarakat. Warga kesulitan ketika mati lampu di malam hari seperti berbuka puasa, shalat tarawih, hingga makan sahur.

Mengantisipasi hal tersebut, Manajer Unit Pembangkit Nagan Raya (UPKNGR) Harmanto telah menjadwalkan pemeliharaan jauh-jauh hari sebelum masuknya Bulan Ramadhan.

“Kebetulan pemeliharaan mesin pembangkit listrik di PLTU Nagan Raya sudah kita lakukan beberapa waktu lalu. Insya Allah di bulan suci Ramadhan tahun ini sudah aman. Tidak ada jadwal pemeliharaan,” kata Manager UPK Nagan Raya, Harmanto seperti dikutip Antara, Rabu (10/4).

Hal ini guna menghindari adanya pemadaman listrik ketika berlangsungnya ibadah puasa bagi sebagian besar masyarakat di Aceh.

Dengan sudah dilakukan pemeliharaan pembangkit listrik tersebut, pihaknya berharap suplai listrik saat ini hingga bulan suci Ramadhan nantinya dipastikan lancar dan tidak terkendala apa pun, khususnya dalam hal teknis.

Kebutuhan Daya Listrik

Saat ini pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar jenis batu bara tersebut juga sudah mengoperasikan dua unit pembangkit listrik dengan kapasitas 2×110 Megawatt. Listrik yang dihasilkan PLTU ini mampu mencukupi kebutuhan listrik di sebagian besar wilayah Aceh.

Saat ini, lanjut Harmanto, total kebutuhan listrik di Aceh mencapai 430 megawatt. Sedangkan daya listrik yang tersedia atau mampu yang bersumber dari PLTU Nagan Raya dipenuhi sebesar 330 megawatt (MW). Selain PLTU Nagan Raya, juga terdapat sejumlah pembangkit listrik yang ada di sejumlah wilayah di Aceh.

Harmanto juga menjelaskan penyebab utama gangguan listrik selama ini. Bila terjadi gangguan suplai arus listrik dari Sumatera Utara ke Aceh menjadi penyebab utama padamnya listrik seperti yang kerap terjadi di sejumlah kabupaten/kota di wilayah pantai timur utara Aceh.

Namun, apabila nantinya Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun dengan kapasitas 254 Megawatt, maka dipastikan suplai arus listrik di Aceh akan terpenuhi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More