[Video] Dayah Serambi Mekkah Kembali Berduka

  • Bagikan

SatuAcehNewsDayah Serambi Mekkah Meulaboh kembali mendapat cobaan. 10 bilik tempat para santri beristirahat dan belajar ludes dihajar si jago merah.

Menurut beberapa sumber di lokasi, api mulai membakar bilik santri sekitar pukul 00.30 WIB Senin (08/03/2021) dini hari.

Diperkirakan api berasal dari obat nyamuk bakar. Api merambat dengan cepat membakar 10 bilik santri. Bahan bangunan yang terbuat dari kayu menyebabkan kebakaran langsung membesar dan tidak dapat dikendalikan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat menjelaskan bahwa terdapat 10 bilik yang hangus terbakar. Dalam musibah ini, tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian materil belum dapat dipastikan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun seluruh bangunan sudah terbakar,” kata Petugas Pusdalops BPBD Aceh Barat Asrajudddin di Meulaboh, Senin subuh jelang pagi sebagaimana dikutip Antara.

Api berhasil dijinakkan sekitar 1 jam setengah kemudian. Pantauan warga sekitar, pukul 02.00 dini hari, api sudah berhasil dipadamkan seluruhnya.

Dayah Serambi Mekkah Baru Terbakar 2 Bulan Lalu

Dayah Serambi Mekkah Meulaboh baru saja mengalami musibah yang sama. Pada tanggal 21 Januari 2021 lalu api menghanguskan bangunan Dayah. Pihak Dayah saat ini sedang melakukan pembangunan kembali, namun musibah kebakaran yang sama kembali terjadi 2 bulan kemudian.

Saat api mulai membesar, pihak pimpinan Dayah langsung menghubungi pemadam kebakaran BPBD Aceh Barat agar api tidak menjalar ke bangunan lain.

Para santri dan Tengku membangunkan seluruh penghuni Dayah untuk membantu memadamkan api dan menyelematkan barang-barang. Beberapa santri mengumandangkan azan dari soundsystem mushalla.Namun hanya sebagian kecil barang milik santri yang bisa terselamatkan. 

Pakaian dan kitab yang ada dalam bilik tidak dapat terselamatkan dari jilatan si jago merah.

Perkiraan sementara, kerugian materil yang dialami berkisar 200 juta rupiah.

Idul Fitri 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.