Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan Pimpin Pengajian Di Mesjid Aceh Darussalam Cikupa

  • Bagikan
 Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan (Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah, Lueng Bata, Kota Banda Aceh) Sedang Menyampaikan Tausiah di Masjid Aceh Darussalam, Cikupa, Tangerang, Banten
Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan (Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah, Lueng Bata, Kota Banda Aceh) Sedang Menyampaikan Tausiah di Masjid Aceh Darussalam, Cikupa, Tangerang, Banten

SatuAcehNews – Banten | Pengajian di Mesjid Aceh Darusalam Cikupa, Tangerang, Banten, pada  Kamis malam tadi, dipimpin oleh Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan, dari Aceh, kata Tarmizi Age, Jum’at, (19/03/2021).

Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan adalah Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, dan juga Wakil Ketua 1 MPU Kota Banda Aceh saat ini.

“Pengajian yang dipimpin Tu Bulqaini Tanjongan malam tadi ikut dihari ratusan jamaah lelaki, tua dan muda, mayoritasnya adalah masyarakat Aceh yang menetap di Cikupa dan sekitarnya, serta penduduk setempat,” ujar Tarmizi Age.

Ketua Taman Iskandar Muda (TIM) Cabang Cikupa, H. Fadhli Tahir dalam sambutannya, memberitahu kepada Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan dan para jamaah bahwa, “Masjid Aceh Darussalam di Cikupa rutin menggelar pengajian tiap malam Jum’at dan malam Selasa,” katanya.

“Selain pengajian agama, Masjid Aceh Darussalam juga tidak ketinggalan memperingati dan merayakan hari-hari besar islam dan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW,” tambah Fadhli.

Pengajian rutin yang digelar tiap malam Jum’at di Masjid Aceh Darussalam selalunya di isi oleh tiga orang  guru tetap, dengan cara bergantian tiap malam Jum;at dan Selasa, yaitu Tgk Abubakar, Tgk Bukhari S. HI dan Tgk Sulaiman.

Namun jika ada ulama atau guru pengajian dari Aceh yang sedang berada di Jakarta, pihak panitia masjid Aceh Darussalam akan memprioritaskan untuk mengundang ulama tersebut.

“Jika ada kesempatan dan waktu maka akan di utamakan untuk menyampaikan tausiah di masjid kebanggan orang Aceh di Cikupa,” ujar Fadhli.

Tgk. H. Tu Bulqaini Tanjongan dalam tausiahnya menyampaikan, “rasa terharu dan bangga dengan kekompakan yang telah dibuktikan oleh warga Aceh di Cikupa dan sekitarnya, sehingga dapat mendirikan sebuah Masjid Aceh yang megah di Tangerang, Banten, yaitu masjid Aceh Darussalam,” katanya,

“Apa lagi ditambah dengan tata laksana ibadah yang dipersembahkan di masjid ini sama dengan apa yang berjalan di Aceh, ini luar biasa sekali,” tambah Tu Bulqaini.

Selanjutnya Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah di Banda Aceh itu, mengajak masyarakat Aceh yang tinggal di luar Aceh dimana pun untuk terus memelihara nilai-nilai keacehan.

“Memelihara nilai-nilai keacehan menjadi salah satu kewajiban dan tanggung jawab bagi warga Aceh seluruhnya,” ujar Tu Bulqaini.

“Kita harus menyadari bahwa islam di nusantara disebarkan oleh orang Aceh. Hubungan Aceh dengan Arab sudah terjalin sebelum masehi (pramasehi), maka dengan itu citra Aceh yang berciri khas Islam harus terus dipertahankan dan makin lebih baik kedepan,” tegas Tu Bulqaini,

“Adapun pengajian malam tadi ikut dihadiri oleh Tgk Bukhari Ali (Ketua Sirul Mubtadin Jakarta dan pengurus, para pimpinan dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Aceh Darussalam, Ketua Tastafi Jakarta, Wakil Ketua Tastafi Jakarta Raya Tgk.H. Khairur Rijal S.HI (Walidi Mudi Mekar} beserta beberapa pengurus, dan sejumlah tokoh Aceh disana,” pungkas Tarmizi Age kepada media ini. (PR/AFA)

  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.