Santriwati Dayah Darul Falah Belajar Rukyat Hilal Di IAIN Lhokseumawe

  • Bagikan

SatuAcehNews – Lhokseumawe | Sejumlah santriwati yang berasal dari Dayah Darul Falah, kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara melakukan kunjungan untuk belajar rukyat hilal awal bulan hijriah ke observatorium Malikussaleh kompleks laboratorium center, IAIN Lhokseumawe pada Senin, (15/03/2021).

Tgk. Mustafa M.Isa selaku Pimpinan Dayah Darul Falah juga merupakan Ahli Falak di Kabupaten Aceh Utara menyampaikan bahwa, “ini merupakan kunjungan untuk para santriwati belajar ilmu rukyat hilal langsung di lapangan dan Alhamdulillah kegiatan ini difasilitasi oleh pihak observatorium dalam hal ini Tgk Ismail, M.A serta tim dari mahasiswa/i jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe. Semoga pembelajaran yang didapat nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar ulama yang kerap disapa Waled Pulo ini.

Sementara itu Tgk Ismail, M.A, “menyampaikan bahwa teleskop yang terpasang untuk rukyat hilal pada hari ini adalah sebanyak 3 teleskop berjenis refraktor yang dapat digunakan untuk mengamati hilal. Secara Astronomis pada kriteria posisi bulan dan matahari; batas-bawah tinggi hilal agar hilal dapat diamati adalah 4 derajat dengan syarat beda azimut bulan-matahari lebih besar dari 45 derajat. Kepada para peserta yang berhadir agar dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk membawa pulang ilmu dari pengalaman kunjungan pembelajaran rukyat di lapangan,” pesannya.

Kegiatan diawali dengan briefing, pemberian arahan dan materi rukyat hilal, observasi hilal langsung menggunakan teleskop, serta diakhiri dengan dokumentasi. (PR/AFA)

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification