Rusli Abdah, Menjemput Kompetensi di Usia Senja

  • Bagikan
Rusli Abdah
Rusli Abdah, kakek berusia 72 tahun saat mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan PWI di Kota Langsa tanggal 29-30 Maret 2021.

SatuAcehNews – Simeulue | “Usia memang bukanlah alasan untuk menggapai sesuatu yang kita impikan.”

Kalimat itulah yang mewakili perjalanan Rusli Abdah, kakek berusia 72 tahun saat mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Langsa, pada tanggal 29-30 Maret 2021 lalu.

Rusli Abdah, yang juga menjadi Pimpinan Redaksi di media Haba Rakyat itu merupakan peserta tertua yang ikut UKW angkatan XII-XIII yang di ikuti 36 orang wartawan dari berbagai wilayah di Aceh itu.

Meski perbedaan usia sangat mencolok dengan peserta lainnya, jurnalis senior masih terlihat bersemangat mengikuti kegiatan yang diadakan satu hari setengah secara penuh.

Tidak hanya itu, kakek yang sekarang berusia 72 tahun juga masih cekatan untuk menyelesaikan berbagai materi ujian yang diberikan para penguji khusus untuk kalangan pegiat media di Aceh tersebut.

“Meski usia sudah kepala tujuh, saya tetap bersemangat ikut UKW ini. Selain menambah wawasan, ini merupakan kompetensi bagi wartawan yang diwajibkan PWI,” ucap Rusli, pada wartawan, beberapa waktu lalu.

Rusli enuturkan, seorang wartawan itu harus benar-benar memahami kode etik jurnalistik. Sehingga dalam melakukan kegiatan penulisan berita tidak menyalahi aturan.

“UKW inilah, salah satu yang harus diikuti seorang wartawan,” ucap Rusli Abdah.

Semangat juang yang ditunjukkan Rusli Abdah mendapat apresiasi dari Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman.

Dalam penyampaiannya pada acara penutupan kegiatan UKW itu, Tarmilin Usman mengatakan. Apa yang ditunjukkan Rusli Abdah ini dapat menjadi contoh bagi generasi mudah khususnya di kalangan wartawan di Aceh.

“Ini merupakan sebuah contoh, usia tidak menjadi penggalang bagi wartawan untuk mendapatkan predikat kompeten di bidang jurnalistik,” jelas Tarmilin Usman. (Aih)

Idul Adha 1442H SatuAcehNews
  • Bagikan
Subscribe for notification