Perdana, Bupati Erhas Luncurkan Beras Simeulue Sejahtera

  • Bagikan

SatuAcehNews – Simeulue | Bupati Erli Hasim didampingi oleh Unsur Forkopimda meluncurkan Beras Simeulue Sejahtera tepatnya di Alun-alun Pendopo Bupati, Kamis, (04/03/2021).

Acara peluncuran Beras Simeulue Sejahtera hari ini adalah Program Humasa Sebbel/Khumaha Heba dalam Kabupaten Simeulue. Dengan acara yang digelar hari ini mengangkat tema “Mari kita Konsumsi Beras Asli Simeulue, Rasa Enak, Pulen dan Tanpa Pengawet”.

Beras yang yang bermerek Simeulue Sejahtera ini, hari ini disiapkan keseluruhannya sekitar 2.308 Sak, yang antara lain milik pertanian sekitar 2000 Sak dengan isi 15 Kg sedangkan yang muatan 10 Kg sekitar 308 Sak yang antara lain adalah milik Bupati Simeulue itu sendiri. Muatan 15 Kg dijual dengan harga 165.000/saknya, sedangkan yang berat 10 Kg dijual dengan harga 110.000/Saknya.

Beras ini dipasarkan dan disiapkan kepada seluruh warga masyarakat dalam Kabupaten Simeulue.

Samsuar. SP., selaku Kepala Dinas Pertanian dalam laporannya mengatakan, kegiatan peluncuran Beras Simeulue Sejahtera merupakan program Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Simeulue dalam program Kumaha Heba/Humasa Sebbel.

Lebih lanjut kadis Pertanian mengatakan, “Program Kumaha Heba/Humasa Sebbel ini bertujuan untuk membangun motivasi dalam membangun sektor Pertanian dalam wilayah Kabupaten Simeulue, karena sektor Pertanian merupakan sesuatu yang teramat penting bagi pertahanan pangan,” ujarnya.

“Peluncuran beras Simeulue Saat ini merupakan hasil produksi Koperasi Oriza Sativa, yang berasal dati gabah petani, namun hingga saat ini baru tertampung kurang lebih 5 persen dari hasil keseluruhan,” ujar samsuar.

Pada kesempatan ini, sejumlah 35 Ton beras milik Koperasi Oriza Sativa yang merupakan gabah petani dari hasil panen masa tanam gaduh program Kumaha Heba/Humasa Sebel tahun 2020 lalu, akan di lakukan penjualan bebas di kalangan masyarakat Kabupaten Simeulue.

Sementara itu Bupati Simeulue H. Erli Hasim. SH., S. Ag., M.I.Kom., dalam arahannya mengatakan, “ditengah kondisi pandemi saat ini tidak sedikit wilayah yang mengalami kelumpuhan khususnya di Bidang ekonomi, namun dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT Kabupaten Simeulue yang tercinta ini masih dianugerahi karunia dengan adanya hasil panen padi dari program KH/HS,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “kesuksesan program Kumaha Heba/Humasa Sebbel ini bukan lah kesuksesan Bupati semata tanpa adanya bantuan dan dukungan dari semua pihak, terutama para petani sebagai pahlawan tangguh, dan elemen lainnya,” kata Bupati.

“Di tinjau dari musim tanam gabah periode pertama tahun 2020 lalu, hasil gabah di Simeulue mencapai 13 ribu ton, artinya pada musim tanam tersebut kita sudah bisa termasuk swasembada beras kurang lebih 3 ribu ton,” ungkap Bupati.

Pada acara peluncuran hari ini, Bupati Simeulue Erli Hasim telah menyiapkan 308 Sak dengan muatan 10 Kg/saknya yang bukan lain adalah hasil panen milik Bupati sendiri yang hari ini akan disumbangkan kepada Panti Asuhan yang ada dalam Kabupaten Simeulue.

Sementara itu Baitul Mal Kabupaten Simeulue juga telah membeli Sebanyak 2.580 Sak Beras Simeulue Sejahtera yang bermuatan 15 Kg yang nantinya akan dibagikan langsung kepada seluruh fakir miskin dalam Kabupaten Simeulue.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekda Simeulue, para Staf ahli, Asisten Bupati, Para Ka. SKPK, Badan dan Kantor, Para Camat, Para Kabag, Kepala BPS Simeulue, Warga Masyarakat Simeulue, Perwakilan Panti Asuhan dan juga seluruh Kepala Desa dan Kepala Mukim dalam Kabupaten Simeulue. (AHD)

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.