Lanal Gelar Komsos Maritim Di Simeulue

  • Bagikan

SatuAcehNews – Simeulue | Pangkalan TNI Angkatan Laut di Simeulue menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Maritim Tahun 2021 di Desa Kuta Padang Kecamatan Simeulue Cut, Kabupatan Simeulue, Kamis, (25/03/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya membantu masyarakat terutama nelayan yang berada di sekitar wilayah Kecamatan Simeulue Cut, Salang dan Simeulue Tengah.

Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Ahmad Fahribi, MTr Opsla, dalam sambutannya mengatakan. Kegiatan Komsos Maritim merupakan kegiatan perdana yang digelar di Kecamatan Simeulue Cut.

“Keberadaan masyarakat maritim merupakan tanggung jawab bersama disebabkan berperan aktif dalam melestarikan wilayah maritim perairan Simeulue,” kata Ahmad Fahribi.

Dalam kegiatan itu, selain memberikan sembako kepada masyarakat maritim, juga disediakan untuk melakukan konsultasi kesehatan gratis, seperti melakukan penimbangan berat badan, tekanan darah dan kolesterol serta asam urat.

“Para nelayan juga dibekali pemahaman dari Dinas Kelautan dan Perikanan Simeulue mengenai larangan penggunaan kompresor dan jaring pukat harimau,” jelas Danlanal.

Dari pihak Kejaksaan Negeri Simeulue juga memberikan pembekalan kepada para nelayan untuk memahami hukum pidana yang bisa saja terjadi kepada nelayan.

Dari personel Sat Narkoba juga memberikan pemahaman kepada para nelayan untuk selalu berhati-hati tidak terjerumus kepada transaksi narkoba yang dapat terjadi di tengah laut. Sebab bisa saja dengan upah yang tinggi sehingga membuat nelayan tergiur.

Mewakili Bupati Simeulue Asisten I Setdakab Simeulue, Asludin mengatakan bahwa keberadaan Simeulue Cut memiliki posisi yang strategis dimana terdapat satu pulau yang berstatus Pulau Terluar dalam wilayah NKRI.

Oleh sebab itu perlu adanya perhatian menjaga kelestarian wilayah perairan laut di Simeulue sehingga potensi sumber daya kelautan tetap terjaga.

Sementara itu, Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.S.i dalam paparannya mengharapkan masyarakat selalu menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian laut. Sebab jika tidak.di antisipasi maka potensi kelautan akan tergerus sehingga kehilangan sumber daya kelautan terutama berkurangnya ikan.

“Kita mengajak masyarakat serta TNI AL untuk menghentikan oknum yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat yang dilarang,” pinta Irwan Suharmi.

Hadir dalam kegiatan itu Asisten I Setdakab Simeulue, Asludin, SE, M.Kes, Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.Si, Kajari Simeulue, Hari Wibowo, SH, MH, Kapolres Simeulue, AKBP Agung Suryo Prabowo, SIK. (AIH)

Nasir Djamil Aceh Satu
  • Bagikan
Dapatkan update berita terbaru.    Oke. Terimakasih.